Rektor Tetapkan Zona Integritas dan Wilayah Bebas Korupsi

Unkhair.ac.id. Rektor Universitas Khairun Prof. Dr. Husen Alting,SH.MH menetapkan Kawasan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birkrasi Bersih Melayani ( Kamis, 28 Februari 2018) kegiatan yang berlangsung di aula Nuku Gedung Rektorat ini dihadiri oleh Ketua Koordinator Wilayah IX KPK, Budi Waluya, Kepala Satgas PPG KPK Andi Purwana dan Ketua Tim Pendaftaran LHKPN Amalia Rosanti, turut hadir dalam kesempatan ini Para Wakil Rektor, Dekan bersama Wakil Dekan se Universitas Khairun, Direktur Pascasarjana bersama Wakil Direkturnya dan Kepala Biro serta para Kepala Bagian serta Kasubag dalam lingkup Universitas.

Rektor Universitas Khairun Prof. Dr. Husen Alting,SH.MH dalam sambutannya mengatakan penetapan zona integritas ini merupakan salah satu indicator kinerja dari kemenristekdikti, rencana penetapan zona integritas ini merupakan suatu komitmen bersama agar kita dapat melakukan sesuatu yang lebih baik, sebagaimana sering disampaikan bahwa persoalan gratifikasi ini merupakan isu nasional yang harus kita pahami, lanjut Rektor, harapan saya setelah pencanangan ini kita tidak lagi ada masalah dikemudian hari, untuk itu semua pimpinan bersama dengan satu niat dan satu harapan bahwa Universitas Khairun kedepan akan semakin baik. Integritas itu berkaitan dengan sikap dan budaya, jangan sampai hari ini kita canangkan besok kita temukan masalah, oleh karena itu sikap kita dan budaya kita harus bagus dan baik jangan terpengaruh dengan godaan, jika integritas kita kuat maka sudah pasti kita dapat mencegah hal hal yang tidak baik.

Selanjutnya Rektor juga menyampaikan tentang Laporan Hasil Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) sesuai dengan schedule pelaporan akan berakhir pada tanggal 31 Maret, namun Rektor menginginkan pelaporan harus dipercepat yakni sampai pada tanggal 15 Maret 2019, untuk itu diharapkan semua pejabat di lingkup Universitas Khairun untuk segera melakukan pelaporan dan mempercepat proses finalisasi laporan LHKPN, berkaitan denga hal tersebut lanjut Rektor dalam rapat bersama Menristek di Jakarta beliau mengatakan bahwa pelaporan LHKPN merupakan kewajiban bagi semua pejabat negara, pelaporan LHKPN menjadi prioritas utama oleh Menteri, untuk itu setiap perkembangan pelaporan LHKPN akan dipantau langsung oleh Rektor.

Dalam kesempatan ini juga Rektor menyampaikan telah menetapkan Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG) dengan satu surat keputusan Rektor, UPG ini juga telah memiliki standar operasional prosedur dan UPG ini akan berada di Satuan Pengawasan Internal, peraturan Rektor tentang UPG beserta SOP dan penetapan Zona Integritas ini diharapkan dapat disebarluaskan ke semua unit, Lembaga dan Fakultas, setelah informasi ini disebarluaskan kedepan akan dilakukan survei yang dilakukan secara internal maupun eksternal, survei ini untuk melihat dan memastikan ketercapaian kinerja penetapan zona integritas dan penetapan unit pengendalian gratifikasi, dalam penetapan zona integritas Rektor telah menetapkan wilayah bebas korupsi yaitu dibagian Rektorat bagian Unit Layanan Pengadaan, dibagian Keuangan serta bagian Barang Milik Negara, bagian Perencanaan dan delapan Fakultas, Rektor berharap agar SPI dapat terus melakukan sosialisasi keseluruh unit maupun ditingkat Fakultas.

Acara penetapan zona integritas dilanjutkan dengan pembacaan keputusan Rektor tentang penetapan zona integritas disertai dengan pemukulan tifa oleh Rektor yang menandai pencanangan zona integritas wilayah bebas korupsi, selanjutnya Rektor beserta Wakil Rektor bersama Para Pejabat Pimpinan Fakultas dan Pimpinan Pascasarjana menandatangani berita acara komitmen bersama penatapan wilayah bebas korupsi kolusi dan nepotisme, setelah penandatangan dilakukan dilanjutkan dengan pembacaan Deklarasi Bersama Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani oleh Rektor dan diikuti oleh seluruh hadirin. *Humas

Please follow and like us:
20

Comments

comments

Top

Enjoy this blog? Please spread the word :)

RSS
https://www.facebook.com/Universitas-Khairun-196552343866215/
https://www.facebook.com/Universitas-Khairun-196552343866215/
https://www.instagram.com/universitaskhairun