1 Maret Pendaftaran UTBK Untuk SBMPTN 2019 Mulai Dibuka

Unkhair.ac.id. Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk SBMPTN 2019 akan dilaksanakan mulai 1 Maret 2019 pukul 10.00 WIB dan akan berakhir di 1 April 2019, UTBK menjadi satu dari beberapa syarat untuk mendaftar di jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Tujuan dari UTBK adalah untuk memprediksi calon Mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi di Perguruan Tinggi dengan baik dan tepat waktu, tujuan lainnya adalah memberi kesempatan bagi calon Mahasiswa untuk mengikuti tes secara fleksibel dalam memilih waktu dan lokasi tes.

Sebelum para siswa mendaftar di laman http://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id siswa diharuskan mengetahui Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) untuk mendapatkan username dan password saat pendaftaran online. NISN bisa didapatkan dengan cara kunjungi http://nisn.data.kemendikbud.go.id selanjutnya NPSN dapat dilihat pada halaman http://referensi.data.kemendikbud.go.id , atau dapat anda cari dengan menggunakan aplikasi google dengan mengetik NISN atau NPSN setelah melakukan pendaftaran siswa diminta untuk mengunggah pas foto berwarna terbaru selanjutnya mengisi data, memilih jenis (Saintek atau Soshum) dan sesi ujian (ada 2 sesi ujian, pagi dan siang hari) serta memilih lokasi atau tempat UTBK dilangsungkan.

Setelah memilih selanjutnya siswa akan mendapatkan slip pembayaran UTBK selanjutnya siswa membayar di Bank, biaya UTBK yang dibayarkan ke Bank sebesar Rp. 200.000 (dua ratus ribu rupiah) setiap mengikuti tes, biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alas an apapun, pada proses transaksi pembayaran, kali ini panitia telah bekerjasama dengan Bank Mandiri, Bank BNI atau Bank BTN, diantara ketiga Bank tersebut mana yang terdekat lokasinya oleh siswa sehingga siswa/peserta dengan mudah melakukan transaksi pembayaran, kecuali bagi pendaftar Bidikmisi tidak melakukan pembayaran dan langsung mendapatkan kode akses untuk melakukan login, untuk yang melakukan pembayaran dengan menggunakan slip pembayaran peserta dapat melakukan login ke laman pendaftaran http://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id dengan kode akses yang tertera pada slip setelah melakukan transaksi pembayaran di Bank dan selanjutnya dapat mencetak kartu peserta UTBK.

Siapa saja yang memiliki persyaratan untuk mendaftar di UTBK ? pada penerimaan mahasiswa baru kali ini siswa SMA/MA/SMK dan sederajat lainnya yang masih duduk dikelas 12 pada tahun 2019 atau peserta paket C tahun 2019, bagi siswa yang tidak lulus di penerimaan SNMPTN 2019 dapat mendaftar kembali di jalur SBMPTN dengan mengikuti UTBK terlebih dahulu, selanjutnya siswa SMA/MA/SMK dan sederajat lainnya yang lulus di tahun 2017 dan 2018 atau paket C tahun 2017 dan 2018 dapat mendaftar untuk mengikuti UTBK dan mendaftar pada jalur SBMPTN.

Pada seleksi jalur SBMPTN dengan mengikuti UTBK siswa dapat berkesempatan mengikuti tes maksimall 2 (dua) kali dengan ketentuan siswa dapat mengikuti UTBK kelompok IPA dapat mengikuti UTBK kelompok Saintek satu kali dan Soshum satu kali, atau Saintek dua kali, untuk Kelompok IPS dapat mengikuti UTBK kelompok Soshum dua kali.

Hal yang terpenting dari tes UTBK adalah strategi memilih waktu yang tepat untuk mengikuti tes, bagi siswa yang akan mengikuti tes satu kali, pendaftaran UTBK gelombang pertama mulai tanggal 01 sampai 24 Maret 2019 dan gelombang kedua mulai tanggal 25 Maret sampai 1 April 2019, untuk itu bagi peserta yang ingin mengikuti tes satu kali dapat mendaftar pada gelombang pertama atau gelombang kedua. Bagi peserta UTBK yang akan mengikuti tes dua kali harus mendaftar di gelombang pertama tanggal 01 sampai 24 Maret 2019 dan gelombang kedua 25 Maret sampai 1 April 2019, untuk menjadi perhatian penting bahwa jika peserta mendaftar pada tanggal 25 Maret sampai 1 April 2019 maka yang bersangkutan hanya bisa mengikuti tes satu kali.

Waktu pelaksanaan tes untuk peserta pendaftar pada gelombang pertama adalah tanggal, 13 April sampai dengan 4 Mei 2019 sedangkan waktu pelaksanaan tes untuk peserta pendaftar pada gelombang kedua adalah tanggal 11 Mei sampai dengan 26 Mei 2019.

Jadwal UTBK. Penyelanggaraan UTBK tahun 2019 ini dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu sebanyak 10 kali pelaksanaan, setiap hari pelaksanaannya (Sabtu dan Minggu) terdapat dua kali tes yaitu pada sesi Pagi dan Sesi Siang, karena tes UTBK dilaksanakan 10 kali maka akan terdapat 20 sesi tes, jika dalam pelaksanaannya terdapat hari libur nasional maka akan di ganti pada hari berikutnya, untuk pengumuman hasil tes setiap peserta UTBK akan dikirim hasil tesnya ke alamat email masing masing, hal ini dilakukan agar setiap peserta dapat mengukur kemampuannya dan menjaga privasi siswa peserta UTBK.

Jenis tes, untuk UTBK kali ini terdiri atas “Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA)” yang sesuai dengan kelompok ujian setiap peserta ujian. TPS sendiri dapat mengukur kemampuan kognitif yaitu suatu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya Pendidikan tinggi. Untuk TKA sendiri dapat mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang disejajarkan di sekolah dan diperlukan seorang agar dapat berhasil dalam menempuh Pendidikan tinggi. TKA juga dapat mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah, kedua jenis soal tes ini ditekankan pada Higher Order Thingking Skills (HOTS). Humas

Please follow and like us:
20

Comments

comments

Top

Enjoy this blog? Please spread the word :)

RSS
https://www.facebook.com/Universitas-Khairun-196552343866215/
https://www.facebook.com/Universitas-Khairun-196552343866215/
https://www.instagram.com/universitaskhairun