Hasil Riset Capilong Tingkatkan Ekonomi Petani Ternate

Unkhair.ac.id. Australian Consul-General Bpk. Richard Mathews, melakukan kunjungan ke Universitas Khairun, ( Rabu, 20 Februari 2019), kunjungan Australian Consul-General Bpk. Richard Mathews ini untuk menghadiri kegiatan “Dissemination on the potency of beauty leaf tree in enhancing economic growth in north Maluku” yang merupakan project penelitian dari Lily Ishak,P.hD. project penelitian tentang potensi capilong adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi para petani Maluku Utara, kegiatan ini juga dihadiri oleh beberapa Universitas maupun Institut yang berada di wilayah Maluku Utara serta Instansi Pemerintah Daerah diantaranya Dinas Parawisata, BALITBANGDA Malut, turut hadir juga dalam kesempatan ini Komandan Kodim 1501 Ternate, serta para peneliti maupun pemerhati tanaman, para petani yang bermukim di wilayah tempat penelitian Capilong yakni petani dari daerah Kastela, Rua, Afe Taduma dan Takome beserta Lurah juga turut hadir dalam kegiatan ini. Terselenggaranya kegiatan ini berkat kerjasama antara Universitas Khairun bersama Bank Indonesia Kantor Perwakilan Malut dan Australia Global Alumni. Kegiatan diseminasi tentang potensi tanaman Capilong dalam meningkatkan ekonomi daerah Maluku Utara merupakan bagian dari penyelenggaraan project yang bertajuk “Empowering farmers in Ternate to utilise Beauty Leaf Tree as a source of biofuel energy – biokerosene and biodiesel” (Memberdayakan petani di Kota Ternate untuk memanfaatkan pohon Capilong sebagai sumber energi bahan bakar minyak tanah dan solar).

Lily Ishak,Ph.D dalam sambutannya mengatakan Mr. Richard Mathews datang ke Ternate untuk mewakili pemerintah Australia untuk melihat secara langsung kegiatan project penelitian tentang Capilong yang dilaksanakan bersama tim yang dipimpin oleh oleh saya, lanjut Lily, saya ucapkan terima kasih sebesar besarnya kepada Bank Indonesia Kantor Perwakilan Maluku Utara dalam hal ini Bpk Tugas Waliyanto yang telah memberikan bantuan serta support terhadap kegiatan penelitian kami, terima kasih juga kepada Dandim 1501 Ternate yang juga berkesempatan hadir dalam kegiatan ini. Kegiatan ini adalah untuk memberdayakan masyarkat kota ternate untuk menggunakan produk Capilong, lanjut Lily, project ini adalah untuk memperdayakan masyakata di wilayah kota Ternate untuk menggunakan Capilong yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan beauty leaf tree yang dapat digunakan sebagai bahan bakar atau energy terbarukan yang dalam hal ini bisa juga dibuat menjadi seperti minyak tanah dan solar, project ini dimulai bulan Maret 2018 dengan menggunakan dana hibah dari pemerintah Australia yang akan berakhir di bulan Maret 2019.

Kegiatan Desiminasi ini berlangsung atas kerjasama antara Unkhair dengan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Maluku Utara. Dengan berbagai kerjasama ini dapat mengenalkan kepada masyarakat Maluku Utara akan keberadaan dan fungsi yang dapat dimanfaatkan dari tanaman atau buah Capilong. Manfaat lain dari buah Capilong ini juga dapat meningkatkan Ekonomi masyarakat Maluku Utara ungkap Lily dalam sambutannya. Dalam Desiminasi ini tujuannya untuk memberikan informasi tentang potensi Capilong yang selam ini masih banyak masyarakat yang belum mengetahuinya, untuk itu tim penitili Unkhair terus melakukan kerjasama untuk membangun potensi potensi yang ada di Maluku Utara.

Kerjsama bersama Bank Indonesia di tahun 2019 ini adalah akan menetapkan kawasan pusat industri Minyak Capilong di kota Ternate yang dalam kesempatan tahun ini akan direncanakan di wilayah kelurahan Kastela, rencana kegiatan ini akan melibatkan para peniliti dari Unkhair dan dukungan dari pemerintah kota Ternate serta Pemerintah Provinsi Maluku Utara, pusat kawasan industri capilong ini bukan saja menghasilkan minyak Capilong saja namun akan ada turunan produk lainnya yang dihasilkan dari Capilong, produk ini diantaranya sabun kecantikan, pelembab kulit, penyubur rambut dan lainnya yang dapat dimanfaatkan dari Capilong, hal ini merupakan potensi ekonomi masyarkat yang dapat dikembangkang. Dengan pengembangan potensi ekonomi masyarakat maka pihak Bank Indonesia akan ikut serta membantu dalam project ini untuk pengembangan home industri.

Consul General Australia Bpk. Richard Mathews menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta Dissemination on the potency of beauty leaf tree in enhancing economic growth in north Maluku yang telah hadir dalam kegiatan ini dan juga terima kasi kepada Universitas Khairun dan Bank Indonesia yang telah memberikan dukungan sehingga project ini dapat berlangsung, kedatangan saya ini fokus pada proyek pengambangan kemasyarakatan yang disokong melalui dana pemerinta Australia, Mr. Richard Mathews mengatakan program bantuan dana peniitian dari pemerintah Australia terus digulirkan, dalam setahun ada dua program yang ditawarkan kepada para peneliti, untuk mendapatkan bantuan dana penelitian dari Australia ini persaingannya cukup tinggi ungkap Richard Mathews, beberapa syarat tertentu ditetapkan salah satunya adalah pengembangan masyarkat, oleh sebab itu project penelitian dari Lily mendapat bantuan dana dari pemerintah Australia yang berdampak langsung terhadap masyarakat di wilayah kota Ternate, proyek ini juga menurut Mr. Richard Mathews adalah mensadarkan masyarakat terhadap pelestarian pohon Capilong dan pemanfaatannya, juga mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dengan menggunakan sumber bahan bakar terbarukan yang dihasilkan dari Capilong, dengan penggunaan bahan bakar yang mudah didapatkan oleh masyakat juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, Mr. Richard Mathews juga berterima kasih kepada pihak Bank Indonesia Kantor Perwakilan Maluku Utara yang telah memberikan support terhadap kegiatan ini, Richard Mathews sangat terkesan dengan kegiatan ini, Ibu Lily Ishak telah mendapat penghargaan Central Queensland University Australia sebagai Alumni of the year 2019 dalam bidang “Early Carrier Development” lanjut Richard Mathews, Ibu Lily sangat berrendah hati dan tidak mau membesar besarkan terhadap pengghargaan yang beliau terima.

Rektor Universitas Khairun Prof. Dr Husen Alting,SH.MH dalam sambutannya mengatakan selamat datang Consul General Australia Bpk. Richard Mathews yang telah dua kali berkunjung di Unkhair dan Kota Ternate dan terima kasih juga buat Pemerintah Australia yang telah memberikan bantuannya kepada peniliti kami sehingga riset ini bisa berjalan, dengan bantuan yang diberikan oleh pemerntah Australia ini menunjukan bahwa penelitian ini bukanlah penelitian abal abal, penelitian yang berdampak langsung ke masyarkat adalah yang diharpkan oleh pemerintah Australia, Keterlibatkan pihak Bank Indonesia untuk mempersiapkan kawasan industri, kedepan akan kami libatkan fakultas Teknik untuk membuat alat untuk membantu produksi minyak dari buah Capilong, untuk kelompok tani di Kastela yang akan dibina khusus dalam memproduksi hasil olahan Capilong, oleh sebab itu masyarakat Kstelah harus bersukur dan membantu agar project ini dapat berhasil di daerah Kastela, lanjut Husen kedepan kami akan mengembangkan ke wilayah terdekat yakni Rua, Afe Taduma dan Takome. Untuk pengembangan kedepan terhadap turunan dari Capilong dapat dikembangkan lebih banyak lagi dengan menggandeng pihak Industri lainnya, Rektor juoga sempat menyinggung bahwa pihak perusahaan di Jogya membeli minyak Capilong dengan harga satu liter Rp. 75.000, untuk kualitas minyak terbaik sampai saat ini masih dimiliki oleh Capilong asal Maluku Utara, untuk itu kita berikan apresiasi kepada para Petani di wilayah kota Ternate, karena tampa Petani maka tampa Capilong.

Dengan menyalakan lampu pelita dengan bahan bakar Capilong acara ini dibuka dengan resmi oleh Walikota Ternate, selanjutkan tamu maupun peserta melihat secara langsung produk yang dihasilakn oleh Capilong berupa Minyak, Sabun dan Pelembab Kulit. *Humas

Please follow and like us:
20

Comments

comments

Top

Enjoy this blog? Please spread the word :)

RSS
https://www.facebook.com/Universitas-Khairun-196552343866215/
https://www.facebook.com/Universitas-Khairun-196552343866215/
https://www.instagram.com/universitaskhairun