Unkhair Jalin Kerjsama Dengan BPJPH Kementerian Agama RI

Unkhair.ac.id. Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Kementerian Agama Republik Indonesia Prof. Sukoso beserta kepala kantor Agama Kementerian RI Provinsi Maluku Utara melakukan kunjungannya ke Universitas Khairun, kunjungan ini bertujuan untuk menjalin kerjasama dibidang penelitian dan pengujian bahan makanan dan produk lainnya. Keterlibatan dari pihak Universitas Khairun sendiri agar disetiap Universitas terdapat pusat Halal Science Center, Kegiatan pada hari (Jumat, 15/2/2019) dilaksanakan di aula Nuku gedung Rektorat lantai 4 Unkhair, hadir dalam kegiatan ini Kepala BPOM Maluku Utara, Ketua MUI Kota Ternate, Walikota Ternate, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan para Dosen serta Mahasiswa Universitas Khairun.

Prof. Dr. Husen Alting, SH.MH dalam sambutannya mengatakan jaminan produk halal ditetapkan UU No 33 tahun 2014, di mana tujuan UU tersebut, memberikan kenyamanan, keamanan, keselamatan dan kepastian penggunaan serta mengkonsumsi suatu produk yang dilebeli halal, dan untuk menjamin ketersediaan pangan halal oleh pemerintah yang wajib disiapkan sebagaiman yang telah diamanatkan oleh Undang Undang. Lanjut Rektor bersamaan ini juga Universitas Khairun telah membentuk Unkhair Halal Center, pembentukan Unkhair Halal Center ini bukan bertujuan untuk mencari keuntungan melainkan untuk penelitian, pengkajian sekaligus pengabdian kepada masyarakat, keberadaan Unkhair Halal Center ini akan melibatkan peneliti multi disiplin ilmu, untuk itu Rektor berharap dalam kerjasama ini pihak Kementerian Agama terutama Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJH) membantu dalam pembinaan Unkhair Halal Center ini agar kedepan UHC mendapatkan legitimasi oleh Kementerian Agama untuk melakukan pemeriksaan, karena untuk memberikan lebel halal berdasarkan undang undang adalah MUI, untuk Unkhair dengan UHC hanya dapat melakukan pemeriksaan laboratorium,  lanjut Rektor, untuk menjalankan tugasnya UHC telah disediakan tempat khusus, untuk menjalankan pemeriksaan laboraturium alhamdulliah laboraturium Unkhair telah mendapatkan sertifikat oleh komisi akreditasi nasional untuk ISO untuk melakukan pengujian pengujian tertentu, ini juga untuk memenuhi syarat untuk menjadi laboratium yang diharapkan, tujuan dari Unkhair Halal Center untuk membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi suatu produk halal.

Prof Sukoso dan Prof. Husen Alting melakukan penandatangan nota kerjasama disaksikan oleh Civitas Akademika Universitas Khairun, selanjutnya Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Kementerian Agama Republik Indonesia Prof. Sukoso memberikan kuliah umumnya di hadapan para mahasiswa dan Dosen lingkup Unkhair. Humas

Please follow and like us:
20

Comments

comments

Top

Enjoy this blog? Please spread the word :)

RSS
https://www.facebook.com/Universitas-Khairun-196552343866215/
https://www.facebook.com/Universitas-Khairun-196552343866215/
https://www.instagram.com/universitaskhairun