Prodi Arsitektur Gelar Karya Mahasiswa di Pantai Tobololo Ternate

Unkhair.ac.id. Program Arsitektur Unkhair menggelarkan Pameran Karya Mahasiswa di kawasan wisata Pantai Tobololo, Ternate (20/1/2019). Pameran ini adalah hasil perkuliahan Studio Perancangan Arsitektur 2, untuk Mahasiswa semester 3. Mahasiswa yang menampilkan karyanya berjumlah 39 orang dan telah mengikuti perkuliahan di dalam Studio Arsitektur dibawah bimbingan Dosen Pengampu Maulana Ibrahim, Ph.D dan Firdawaty Marasabessy, M.Si. Tema yang diangkat dalam karya rancangan tersebut adalah rumah mungil (micro house) berlantai dua yang direpresentasikan dalam bentuk Rumah Wisata Pantai Tobololo dan Rumah Warung di Kelurahan Makassar Timur.

Maket Rumah Wisata Pantai Tobololo yang dipamerkan

 

Dari ke-39 karya yang dipamerkan, dipilih dua karya terbaik yakni Rumah Wisata Pantai Tobololo rancangan Meaihri Pandawa Samalagi dan Rumah Warung di Kelurahan Makassar Timur rancangan Zulmizar Rasid. Selain karya terbaik, penghargaan juga berikan kepada mahasiswa yang tidak pernah berhalangan dan terlambat dalam mengikuti perkuliahan kelas maupun kuliah lapangan selama 16 kali pertemuan, yang hasil rancangan mereka juga tidak kalah menariknya dengan karya terbaik, mahasiswa tersebut adalah Fajrin Ahmad, Nurlita A Selang, Fahry Syahruddin dan Ihlasul Majid. Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi terhadap upaya dan hasil karya mahasiswa, agar termotivasi untuk terus berkarya di semester berikutnya.

Dalam gelaran pameran tersebut, turut hadir tamu undangan diantaranya adalah Ketua Pengelola Pantai Tobololo, kepala Bank Indonesia perwakilan Maluku Utara, Kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate yang diwakili Kepala Bidang Promosi Destinasi, perwakilan BPRS Bahari Berkesan, Pimpinan Fakultas Teknik dan Koordinator Program Studi Arsitektur yang turut memberikan sambutan sekaligus membuka pameran. Para tamu undangan menyambut baik terselenggaranya kegiatan ini, sekaligus mendukung upaya kampus memperkenalkan desain yang kontekstual dengan lokasi dimana bangunan tersebut berada.

Pameran yang hanya berlangsung selama minggu 20 Januari 2019 ini sengaja dilakukan di pantai Tobololo sebagaimana lokasi perancangan, karena di hari minggu adalah waktu kunjungan terbanyak, sekaligus sebagai upaya dukungan kepada pengelola pantai Tobololo untuk lebih mengenal desain arsitektur yang ramah lingkungan dan bersahabat dengan lokasi dimana bangunan akan dibangun. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari sumbangan pemikiran dan desain dari Universitas Khairun untuk masyarakat, wujud nyata kegiatan akademik  dan pengabdian kepada masyarakat. Info dan foto dari Prodi Arsitektur Unkhair *Humas

Please follow and like us:
20

Comments

comments

Top

Enjoy this blog? Please spread the word :)

RSS
https://www.facebook.com/Universitas-Khairun-196552343866215/
https://www.facebook.com/Universitas-Khairun-196552343866215/
https://www.instagram.com/universitaskhairun