Empat Kandidat Dekan Fakultas Perikanan Dan Kelautan Paparkan Visi Misi

Unkhair. ac.id. Bakal calon Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan kemarin, Senin, 17 Desember 2018 telah menyampaikan visi misinya di hadapan Civitas Akademika Fakultas Perikanan dan Kelautan, bertempat di ruang aula Fakultas Perikanan dan Kelutan keempat bakal calon tampil dengan sejumlah program kerja serta visi misinya, mereka adalah  Dr. Imran Taeran, S.Pi.M.Si. Dr. Muh. Aris, S.Pi.M.P. Surahman, S.Pi.M.Si dan Dr. M. Janib Achmad, S.Pi.M.Sc.

Pada pemaparan visi misi dan program kerja calon Dekan Fakultas Perikanan dan Keluatan periode 2019-2023 ini dipandu oleh moderator Dr. Nurhalis Wahidin, SP.M.Si. Sesuai dengan Peraturan Rektor nomor 2 tahun 2018 tentang Tata Cara Pengangkatan Dekan, hadir sebagai kuasa Rektor adalah Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr. Suratman Sudjud,SP.MP, dalam sambutannya Wakil Rektor I , Dr. Suratman Sudjud,SP.MP mengatakan siapapun yang terpilih nanti adalah Dekan pilihan kita semua dengan harapan dapat memajukan Fakultas Perikanan dan Keluatan.

Dr. Imran Taeran, S.Pi.M.Si. tampil pertama dalam pemaparan visi misi, beliau menyampaikan visi misi serta program kerja calon Dekan periode 2019-2023, dengan Visi “Mendukung Pencapaian Visi Universitas Khairun dengan Menjadi Fakultas yang Unggul di Bidang IPTKS Khusunya dalam Bidang Perikanan dan Kelautan Berbasis Kepulauan” dan Misi 1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang unggul berorientasi pada penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam bidang Perikanan dan Kelautan berbasis Kepulauan. 2 . Mengembangkan kemampuan penelitian secara profesional berdasarkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni untuk perencanaan dan pembangunan Perikanan dan Kelautan. 3. Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat dalam menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni untuk kesejahteraan. 4. Mengembangkan kerjasama dengan stakeholder dalam bidang Perikanan dan Kelautan. Untuk program kerja calon Dekan Dr. Imran Taeran, S.Pi.M.Si memiliki program prioritas yakni dalam Peningkatan penataan manajemen Fakultas dengan program prioritas Peningkatan rasa nyaman dalam menjalankan tugas Penataan sistem manajemen mutu, Peningkatan akreditasi. Peningkatan kualitas menajemen dalam proses belajar mengajar dengan program prioritas Peningkatan kompetensi dalam kegiatan proses pembelajaran, Peningkatan ketrampilan tenaga kependidikan sebagai pengelola administrasi.

Dr. Muh. Aris, S.Pi.M.P. tampil kedua dengan visi Memperkuat FPK UNKHAIR sebagai pusat pendidikan bermutu dalam mewujudkan pengelolaan potensi perikanan kelautan berbasis kepulauan dan kemajemukan dan Misi  1. Meningkatkan mutu iklim/suasana pendidikan tinggi di bidang perikanan dan kelautan melalui peningkatan kerjasama pemangku kepentingan FPK UNKHAIR. 2. Menghasilkan mutu lulusan yang berdaya saing dan berdaya guna bagi pembangunan perikanan dan kelautan lokal, nasional dan regional. 3. Meningkatkan mutu dan jumlah penelitian dan pengabdian pada masyarakat di lingkup FPK UNKHAIR maupun kerjasama antar lembaga dalam menjawab seluruh tantangan pembangunan dibidang perikanan dan kelautan yang berkelanjutan, sedangkan program kerja Dr. Muh. Aris, S.Pi.M.P yaitu Peningkatan mutu pendidikan perikanan dan kelutan berbasis kepulauan dan kemajemukan. Peningkatan mutu infrastruktur pendidikan. Pendidikan sarjana berbasis kompetensi. Rekruitmen mahasiswa baru berprestasi melelui program go to schoool. Program enterprenuership mahasiswa studi akhir. Program studi baru yaitu Teknologi Hasil Perikana dan Bisnis Perikanan dan Keluatan.

Surahman, S.Pi.M.Si tampil sebagai petahana dengan visi Menjadi fakultas yang berdaya saing unggul dan berkarakter melalui penguatan riset perikanan dan kelautan berbasis kepulauan,. Dan Misi Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang bermutu guna menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing global (untuk mencapai visi ‘berdaya saing unggul”). Menerapkan sistem tata pamong, kepemimpinan, pengelolaan dan penjaminan mutu yang efektif, efisien, kredibel, transparan, akuntabel, bertanggungjawab dan adil (untuk mencapai visi “berkarakter”). Melaksanakan pendidikan tinggi yang mampu berperan aktif dalam meningkatkan taraf dan kualitas kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara (untuk mencapai visi “berkarakter”). Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui riset yang berkesinambungan guna mewujudkan pembangunan Perikanan dan Kelautan yang berkelanjutan berbasis kepulauan (untuk mencapai vsisi “penguatan riset”.  Sedangkan program kerja Surahman, S.Pi.M.Si yaitu Pengembangan dan penerapan tata kelola fakultas yang efektif, efisien, kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab dan adil dengan strategi Menerapkan system pengelolaan keuangan berbasis pada konsep penyatuan anggaran (unifield budget) berbasis DIPA Fakultas. Mengidentifikasi pendapatan Fakultas dalam mewujudkan Universitas BLU. Membuka pintu komunikasi seluas-luasnya kepada semua dosen dan tenaga kependidikan. Mengadakan pertemuan rutin dengan semua dosen dan tenaga kependidikan. Memberikan stimulus dan reward kepada dosen dan tenaga kependidikan berprestasi seperti pemilihan dosen dan tenaga kependidikan teladan setiap tahun.

Dr. M. Janib Achmad, S.Pi.M.Sc. tampil terakhir dengan visi Menjadi Fakultas yang Unggul dan Inovatif dalam Bidang Perikanan dan Ilmu Kelautan 2025. 1. Menyelenggarakan pendidikan berbasis IT dengan menerapkan prinsip penjaminan mutu (Quality Assurance);. 2. Mengembangkan penelitian dan pengabdian yang unggul dan inovatif untuk mendukung pembangunan wilayah pesisir yang berkelanjutan;. 3. Mengembangkan jejaringan dan penataan organisasi untuk menunjang layanan  akademik yang profesional. Misi : 1. Menyelenggarakan pendidikan berbasis IT dengan menerapkan prinsip penjaminan mutu (Quality Assurance). 2. Mengembangkan penelitian dan pengabdian yang unggul dan inovatif untuk mendukung pembangunan wilayah pesisir yang berkelanjutan. 3. Mengembangkan jejaringan dan penataan organisasi untuk menunjang layanan  akademik yang profesional. Dengan program kerja yaitu Program peningkatan kualifikasi dan mutu Dosen. Program pelaksanaan sistem monev dan audit mutu interna secara periodik. Program pengembangan kurikulu yang berbasis KKNI sesuai dengan kebutuhan stakeholder. Program peningkatan jumlah Mahasiswa masuk ke Universitas Khairun dan lainnya.

Setelah keempat kandidat tampil menyampaikan visi misi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, para peserta yang hadir diberikan kesempatan untuk bertanya kepada semua kandidat, moderator Dr. Nurhalis Wahidin, SP.M.Si. mempersilakan Civitas Akademika Fakultas Perikanan dan Kelautan serta tamu undangan dari instansi terkait untuk berdialog dengan para kandidat, akhir dari kegiatan ini ditutup dengan sesi foto bersama. Humas

Please follow and like us:
20

Comments

comments

Top

Enjoy this blog? Please spread the word :)

RSS
https://www.facebook.com/Universitas-Khairun-196552343866215/
https://www.facebook.com/Universitas-Khairun-196552343866215/
https://www.instagram.com/universitaskhairun