Tahun 2019 Terjadi Perubahan Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru

Unkhair.ac.id Penerimaan mahasiswa baru tahun 2019 sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, informasi ini diterima langsung oleh humas saat mengikuti pertemuan dengan panitia pusat dalam acara FGD kebijakan seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri di Yogtakarta (22-23 November 2019). kegiatan ini bertujuan untuk menyebarkan informasi terkait dengan perubahan dalam skema penerimaan mahasiswa baru tahun 2019. Ditahun sebelumnya kita mengenal dengan istilah Panitia yang bersifat adhoc kini berubah menjadi suatu lembaga terpusat yaitu LTMPT yaitu Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi. Lembaga yang bersifat permanen inilah yang akan menyelenggarakan tes masuk di seluruh PTN yang ada di Indonesia.

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah menetapkan kebijakan baru terkait Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri tahun 2019. Kebijakan tersebut terkait pengembangan model dan proses seleksi yang berstandar nasional dan mengacu pada prinsip adil, transparan, fleksibel, efisien, akuntabel serta sesuai perkembangan teknologi informasi di era digital

Tahun lalu tes dilaksanakan dengan sistem ujian tulis berbasis cetak maka ditahun 2019 akan dilaksanakan ujian berbasis komputer, perubahan ini harus dilakukan karena perubahan zaman dengan era digitalnya, untuk menyesuaikan zaman mulai tahun 2019 tes masuk ke Perguruan Tinggi dilakukan dengan cara ujian berbasis komputer, cara lama dengan menggunakan kertas (berbasis cetak) tidak lagi digunakan, untuk UTBK berbasis Android sementara belum diterapkan masih dalam tahap pengembangan, tidak menutup kemungkinan ditahun mendatang akan digunakan berbasis Android.

Informasi resmi untuk SN- SBMPTN dengan sistem tes masuk menggunakan komputer akan dimunculkan dalam website resmi menunggu launching yang direncanakan pada tanggal 3 atau 4 Januari 2019, namun kali ini kami akan memberikan  beberapa gambaran penting tentang jadwal yang kami peroleh untuk pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN. Terdapat sejumlah ketentuan baru yang berbeda dari tahun sebelumnya, termasuk sistem tes yang dilakukan sebelum peserta mendaftar ke PTN peserta harus tes dulu kemudian dapat nilai, dengan nilai UTBK ini dipakai untuk mendaftar ke PTN. Jadi dapat nilai baru pilih Prodinya.

Pola seleksi masuk PTN tahun 2019 akan dilaksanakan melalui tiga jalur yaitu, SNMPTN dengan daya tampung minimal 20%, SBMPTN minimal 40% dan Seleksi Mandiri maksimal 30% dari kuota daya tampung tiap prodi di PTN

Tahap Pendaftaran SNMPTN 2019 oleh LTMPT, Humas Unkhair

Pendaftaran jalur SNMPTN tidak banyak berubah, pihak sekolah sudah bisa melakukan pendaftaran dengan melakukan pengisian dan verifikasi PDSS untuk tahap ini tidak ada perubahan, hanya saja kouta untuk setiap ketentuan akreditasi sekolah, tahun 2018 sekolah yang Akreditasi A mendapat kouta 50 % berubah ditahun 2019 mendapat kota 40%,  selanjutnya Akreditasi B tahun 2018 30 % turun menjadi 25% selanjutnya untuk sekolah dengan Akreditasi C dengan kouta 10% menjadi 5%. Selanjutnya jadwal pengisian PDSS mulai tanggal 4 sd 25 Januari 2019 sampai tahapan pendaftaran SNMPTN dapat dilihat pada gambar berikut

Rangkuman Jadwal SNMPTN,UTBK dan SBMPTN Tahun 2019, dimulai dari launcing SNMPTN sampai tahap seleksi mandiri, *Humas Unkhair

Pada masa pengisian PDSS siswa bisa mendaftarkan UTBK Ujian Tes Berbasis Komputer yang dibuka mulai tanggal 12 Januari sd  27 Maret 2019, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi apabila siswa tidak diterima pada jalur SNMPTN bisa mengikuti UTBK untuk daftar ke SBMPTN, jika siswa diterima pada jalur tersebut maka dengan sendirinya sistem akan menolak.

Tahapan pendaftaran UTBK sendiri melalui laman https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id menggunakan NISN dan NPSN untuk mendapatkan username dan password, dengan Mengunggah pas foto berwarna terbaru, mengisi data, memilih jenis dan sesi ujian, serta lokasi Pusat UTBK PTN untuk mendapatkan slip pembayaran UTBK, setelah melakukan pembayaran (kecuali pendaftar bidikmisi), selanjutnya peserta Melakukan login ke laman pendaftaran di https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id untuk mencetak kartu peserta UTBK setelah itu peserta mengikuti UTBK sesuai dengan hari, tanggal, sesi, dan lokasi Pusat UTBK PTN yang dipilih. Untuk syarat pendaftaran yakni Siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2017, 2018 membawa ijazah. Bagi siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2019 membawa Surat Keterangan Identitas Pelajar dari sekolah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto berwarna terbaru yang bersangkutan dengan ditandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi cap stempel yang sah.

Berikut tahap pendaftaran UTBK liat gambar

Gambar Tahap Pendaftaran UTBK 2019, Humas Unkhair

Perbedaan pada penerimaan tahun 2019 nanti terlihat saat siswa sementer akhir (semester 12 ) yang belum lulus sekolah dapat mengikuti Ujian Tes Berbasis Komputer yang diselenggarakan oleh LMPTN dengan lokasi kegiatan di kampus atau di tempat yang telah disetujui oleh LMPTN sesuai jadwal, pelaksanaan UTBK sendiri dilaksanakan selama 12 kali dengan 24 sesi, UTBK 12 kali 24 sesi ini dapat disesuaikan dengan jumlah pendaftar yang mengikuti tes, jadi jika pendaftarnya sedikit maka pelaksanaan tes tidak sampai 12 kali.

Waktu pelaksanaan tes dilaksanakan setiap hari sabtu dan minggu selama 12 kali, untuk itu siswa dapat melihat waktu atau jadwal pelaksanaan tes saat siswa mendaftar di sistem pendaftaran UTBK. Pada pelaksanaan tes ini siswa dapat melakukan tes  maksimal sebanyak dua kali, dengan berbayar 200 ribu persekali tes, tujuannya ialah menjaring calon mahasiswa yang berkualitas,  jika yang bersangkutan kurang puas dengan hasil tes pertama, maka peserta boleh ikut tes lagi kemudian, hasil pertama dan kedua tes dapat dijadikan nilai acuan bagi PTN yang dituju

Untuk tahun 2019 setiap peserta bisa mengikuti Kelompok Saintek satu kali dan kelompok Soshum satu kali; atauKelompok Saintek dua kali; atau Kelompok Soshum dua kali. Bagi program studi tertentu peserta wajib mengunggah portofolio penganti ujian ketrampilan yang biasa dilaksanakan tahun 2018. Perbedaan sistem tes pada tahun 2018 materi meliputi TKPA, TKD SAINTEK, TKD SOSHUM. Untuk tahun 2019 dengan sistem UTBK materi tes meliputi  TES POTENSI SKOLASTIK (TPS) dan TES KOMPETENSI AKADEMIK (TKA). Untuk kelompok ujian ditahun 2019 jenis kelompok ujian hanya tersedia kelompok SAINTEK dan SOSHUM. Dalam TPS, peserta akan diukur kemampuan kognitif, penalaran dan pemahaman umum yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal. Khususnya pendidikan tinggi dan berkembang dalam proses belajar juga pengalaman di sekolah maupun di luar sekolah.

Akan ada ujian Sains dan Teknologi (Saintek) serta Sosial Humaniora (Soshum). Tes ini mengukur pengetahuan materi yang diajarkan di sekolah dan yang diperlukan untuk berhasil di Pendidikan Tinggi, dengan soal High Order Thinking Skill (HOTS) yakni kemampuan peserta dalam menganalisi suatu soal yang diujikan.

Nilai UTBK dari hasil tes akan dapat dilihat atau didapat langsung 10 hari setelah siswa mengikuti UTBK, Nilai hasil tes hanya dapat dilihat oleh peserta yang bersangkutan secara individu dan dikirim langsung ke PTN tujuan, nilai ini dapat diketahui dengan cara mengunduh di website resmi yang akan disampaikan saat pendaftaran. Setelah siswa mendapat nilai UTBK kemudian siswa melakukan pendaftaran di jalur SBMPTN melalui laman melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id pada tanggal, 10 sd 24 Juni 2019 dengan ketentuan setiap siswa  diperbolehkan memilih paling banyak dua program studi dari satu PTN atau dua PTN.

Berikut gambar tahapan pendaftaran SBMPTN

Tahap Pendaftaran SBMPTN 2019, Humas Unkhair.

Setiap peserta UTBK dapat mengukur kemampuannya sesuai nilai yang dimilki untuk mengambil program studi yang dituju,  PTN akan mengumumkan standar nilai masuk program studi, dengan demikian para peminat dapat mengukur kemampuan mereka sesuai hasil UTBK yang bersangkutan. Selain standar nilai masuk program studi di PTN ada juga informasi jumlah kouta kursi penerimaan, setelah mendaftarkan ke laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id, dengan kriteria nilai dan daya tampung selanjutnya siswa menunggu pengumuman hasil SBMPTN yang direncanakan pada tanggal 9 Juli 2019, jika yang bersangkutan tidak terakomodir di jalur SBMPTN para peserta bisa melanjutkan ke pendaftaran seleksi mandiri, pada jalur ini para peserta yang belum diterima dapat memperebutkan 30 % dari kuota daya tampung setiap program studi di PTN, dengan begitu dapat disimpulkan adanya perbedaan mendaftar di UTBK dengan mendaftar di jalur SBMPTN.

Please follow and like us:
20

Comments

comments

Top

Enjoy this blog? Please spread the word :)

RSS
https://www.facebook.com/Universitas-Khairun-196552343866215/
https://www.facebook.com/Universitas-Khairun-196552343866215/
https://www.instagram.com/universitaskhairun