Kepala Biro SDM KEMENRISTEKDIKTI, ASN Harus Siap Hadapi Era Revolusi Industri 4.0

Unkhair.ac.id. Sosialisasi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Workshop Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional di lingkungan Universitas Khairun berlangsung di aula Nuku gedung Rektorat Unkhair, Jumat, 19 Oktober 2018, hadir sebagai pemateri utama yakni Bapak Ari Hendrarto Saleh,SE.M.Si Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kemenristekdikti RI dan Ibu Taty Supartiyah,SH Kepala bagian Jabatan Fungsional Biro SDM Kemenristekdikti RI. Wakil Rektor II bidang Umum dan Keuangan Dr. Abd Wahab Hasyim,SE.M.Si dalam sambutannya menyampikan terima kasih kepada Ari Hendrarto Saleh dan Taty Supartiyah yang telah meluangkan waktunya untuk berbagi informasi dan ilmunya kepada para Dosen dan Tenaga Kependidikan di lingkungan Universitas Khairun, lanjut beliau diharpkan kepada para peserta yang hadir dalam kegiatan ini agar memanfaatkan kesempatan ini untuk berdiskusi langsung dengan kedua pemateri ini.

Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kemenristekdikti RI. Ari Hendrarto Saleh,SE.M.Si, membicarakan tentang literasi pendidikan dalam revolusi industri 4.0 dengan study case in morthe teknologi sebagai penyedia pendidikan jarak dan sistem informasi Monitoring & Evaluasi berbasis aplikasi, beliau juga membicarakan tentang aparatur sipil negara di era 4.0, bagaimana bersikap skeptis dan kritis, mampu melahirkan inovasi inovasi baru, mampu mengkomunikasi sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman, mampu menjalin kerjasama dan bersinergi alias mengerti satu sama lain. Beliau juga menyampaikan bagaimana terobosan tata kelola kepegawaian dengan layanan fast track pengurusan ijin/kepegawaian/pengaduan/dll, layanan individual digital (perlu sistem aplikasi yang cepat, tepat dan akurat) dan bagaimana pemetaan kualifikasi, kompetensi, komposisi dan jumlah sdm per unit. Lanjut Pak Ari Hendrarto Saleh, memberikan contoh perubahan perubahan budaya kerja menuju era industri 4.0 sebelumnya yakni Sistem Senioritas (DUK) Tertutup Penggajian berdasarkan Golongan Ruang dan masa kerja dan dengan adanya perubahan budaya kerja sistem ini berbubah menjadi Posisi Jabatan Berbasis Kinerja Terbuka (Transparansi) Penggajian berdasarkan beban kerja dan kinerja. Semua perubahan ini diakibatkan oleh Performance & Accountability, Openness & Competitiveness, Competency Assessment. Dalam kesempatan itu Kepala Biro SDM Kemenristekdikti memberikan sedikit motivasi dengan kalimat bijak “Mindset adalah sesuatu yang tidak terlihat, tetapi besar pengaruhnya dalam bertindak. Kita tidak akan mendapatkan apa yang kita inginkan, tapi kita akan mendapatkan apa yang kita telah lakukan. Manusia hanya berusaha, Allah yang memenuhi segalanya (Hadist Qudsi).

Tampil sebagai pemateri kedua adalah Kepala bagian Jabatan Fungsional Biro SDM Kemenristekdikti Taty Supartiyah,SH, beliau ditemani oleh Kepala Biro BUKK Ir. Ahmad Seng,MT.,  dalam kesempatan itu beliau membicarakan tentang jabatan akademik/fungsional dosen, pengertian dosen, syarat menjadi dosen, jenjang jabatan dan pangkat dosen, bagaimana kenaikan jabatan akademik/ fungsional dosen, bagaimana cara perhitungan angka kredit Dosen sesuai dengan Permenpan nomor 17 Tahun 2013 jo Nomor 46 Tahun 2013 dan kenaikan jabatan secara reguler
lektor kepala ke guru besar. Dalam kesempatan itu juga beliau menjelaskan wewenang dan tanggung jawab dosen dalam mengajar prodi, standar penilaian angka kredit jabatan akademik dosen. Untuk pembebasan sementara dari tugas-tugas jabatan akademik beliau menjelaskan bahwa  dosen dibebaskan sementara dari tugas-tugas jabatan akademik, apabila diberhentikan sementara dari pns; ditugaskan secara penuh di luar jabatan akademik dosen; menjalani cuti di luar tanggungan negara; atau  menjalani tugas belajar lebih dari 6 (enam) bulan. Dosen yang sedang dalam masa tugas belajar dapat diproses kenaikan jabatan akademik/pangkat apabila memenuhi angka kredit dan syarat-syarat lainnya sebelum dosen tersebut memasuki masa belajar walaupun masa kerja dalam jabatan akademik/pangkat terakhir baru terpenuhi pada saat ybs sedang dalam masa tugas belajar.

Kepala Bagian Kepegawaian Unkhair, Nurilmi Lina,SH mengatakan dengan menghadirkan pemateri Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kemenristekdikti RI. Ari Hendrarto Saleh,SE.M.Si dan Kepala bagian Jabatan Fungsional Biro SDM Kemenristekdikti Taty Supartiyah,SH diharapkan adanya perubahan pola pikir Aparatur Sipil Negara dalam menghadapi perubahan era digital 4.0 dalam fungsi melayani dan untuk para Dosen kami harapkan dapat mengetahui dengan jelas bagaimana mempersiapkan perhitungan angka kredit Dosen yang bersangkutan, agar tidak lagi terjadi kesalahan dalam perhitungan angka kredit Dosen,  kami juga sangat berterima kasih kepada kedua pemateri ini yang dalam kesibukannya dapat meluangkan waktu untuk dapat berbagi bersama sivitas akademika Universitas Khairun. Humas

Please follow and like us:
20

Comments

comments

Top

Enjoy this blog? Please spread the word :)

RSS
https://www.facebook.com/Universitas-Khairun-196552343866215/
https://www.facebook.com/Universitas-Khairun-196552343866215/
https://www.instagram.com/universitaskhairun