Mahasiswa Arsitektur Unkhair Melakukan Kunjungan Ke Tana Toraja

Unkhair.ac.id Sebanyak 16 mahasiswa Fakultas Teknik Arsitektur Unkhair mengikuti kegiatan “Maket Arch Goes To Toraja” yaitu studi tour dengan tema mengenal Arsitektur Toraja yang dilaksanakan di Kab.Tana Toraja dan Kota Makassar pada tanggal 19-25 Juli 2018 oleh Study Club Maket Arch yang merupakan salah satu kelompok belajar mahasiswa arsitektur angkatan tahun 2015. Kegiatan ini didampingi ibu Dr.Sherly Asriany, S.T,,M.T., yang merupakan dosen Fakultas Teknik Arsitektur Unkhair.
“Kegiatan ini bertujuan untuk menggali Arsitektur Tradisional Toraja lebih dalam, meningkatkan kecintaan mahasiswa terhadap budaya Indonesia, memberikan pengalaman berharga secara langsung di lapangan”, ungkap Dr.Sherly Asriany, S.T.,M.T., yang merupakan dosen pendamping dari studi tour ini.
Selama 4 hari mahasiswa diajak mengunjungi beberapa objek wisata yang menarik di Toraja seperti permukiman tradisional Pallawa, Kete’Kesu, wisata religi patung Yesus Buntu Burake, kuburan batu Lemo dan wisata negeri di atas awan Lolai serta spot wisata lainnya di Toraja. Selain berwisata mahasiswa juga belajar dengan bimbingan dosen selama di Toraja. Mahasiswa diminta mengamati budaya arsitektur yang ada dan berinteraksi secara langsung dengan masyarakat lokal Toraja.
Kegiatan kemudian dilanjutkan selama 2 hari di Kota Makassar yaitu kunjungan ke Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin Makassar dan disambut hangat oleh pengurus HMA-FTUH dan beberapa dosen Fakultas Teknik Arsitektur UNHAS. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat hubungan dan saling berbagi pengetahuan serta pengalaman antara mahasiswa arsitektur UNKHAIR dan mahasiswa arsitektur UNHAS. Tidak hanya itu mahasiswa arsitektur juga diajak keliling gedung Fakultas teknik Unhas untuk melihat fasilitas yang ada, dan diakhiri dengan pertukaran cenderamata miniatur rumah adat Sasadu dari Ternate dan pemberian Sertifikat Penghargaan dari HMA-FTUH. Kegiatan ditutup dengan kunjungan ke Cagar Budaya Benteng Fort Rotterdam bersama pengurus HMA-FTUH dan pengurus BPR7 FKMAI.

“Dengan adanya silaturahmi ini diharpkan dapat mempermudah komunikasi diantara mahasiswa arsitektur di Makassar dan Maluku Utara melalui ekspedisi pensil,” ujar Irham Syarif yang merupakan ketua himpunan mahasiswa arsitektur Fakultas Teknik UNHAS. Senang akhirnya bisa ke Toraja dan Makassar, menikmati liburan yang bermanfaat, menambah wawasan dan pengalaman dibawah arahan dosen pembimbing yang mendampingi selama 1 minggu perjalanan. Harapan ke depan kiranya kegiatan ini dapat berlanjut lagi disetiap semester atau di setiap tahun” ungkap Marissa Nurhafa salah satu mahasiswa Arsitektur Unkhair yang merupakan ketua rombongan studi tour saat ditanya kesannya pada kegiatan Maket Arch Goes To Toraja 2018. Semoga kegiatan ini membawa dampak positif untuk mahasiswa arsitektur saat ini dan kedepannya. (Penulis: Marissa Nurhafa, Mahasiswa Arsitektur Angkatan 2015). Humas

Please follow and like us:
20

Comments

comments

Top

Enjoy this blog? Please spread the word :)

RSS
https://www.facebook.com/Universitas-Khairun-196552343866215/
https://www.facebook.com/Universitas-Khairun-196552343866215/
https://www.instagram.com/universitaskhairun