Guru SD Negeri Dilatih Menulis PTK dan Karya Ilmiah Oleh Program Studi Matematika FKIP Unkhair

Unkhair.ac.id Menindaklanjuti nota kesepahaman (MoU) antara program studi pendidikan matematika FKIP Unkhair dengan UPT Dinas Pendidikan Kota Ternate Utara yang ditandatangani tanggal 25 Maret 2017, Koordinator Program Studi Pendidikan (KorProdi) Matematika bersama beberapa dosen mengadakan pembinaan penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Karya Tulis Ilmiah (KTI) kepada guru SD Negeri 38, 44, dan 49, serta beberapa guru matematika SMA Negeri 4 Kota Ternate. Koordinator program studi pendidikan matematika Dr. Karman La Nani, S.Pd.,M.Si melalui sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kompetensi profesionalitas guru SD  bidang matematika dan kualitas pembelajaran matematika di tingkat SD; (2) mendorong pelaksanaan PTK guru SD dibidang matematika; (3) meningkatkan kemampuan  guru dalam penulisan Karya Tulis Ilmiah dan publikasi ilmiah; dan (4) meningkatkan frekuensi kegiatan pengabdian kepada masyarakat para dosen program studi pendidikan matematika. Kegiatan pembinaan ini dilakukan secara berkelanjutan hingga terciptanya hasil karya ilmiah para guru yang dibimbing oleh dosen pendidikan matematika dapat dipublikasikan pada Jurnal Ilmiah Nasional ber-ISSN.

Kepala UPT Dinas Pendidikan Kota Ternate Utara yang diwakili oleh Bapak Ali Sahmal, S.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa adanya kegiatan kerja sama (MoU) dan pembinaan semacam ini merupakan kesempatan bagi para guru SD, khususnya SD Negeri 38, 44 dan 49 Kota Ternate Utara untuk mengembangkan kemampuannya dalam melakukan penelitian tindakan kelas(PTK) dan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Harapan kepala UPT Dinas Pendidikan ibu Hj. Non A.Machmud, S.IPyang disampaikanbapak Ali Sahmal, S.Pd, agar semua guru dapat mengambil bagian dan memanfaatkan kesempatan pembinaan dengan baik, serta termotivasi menghasilkan suatu PTK untuk dipublikasikan pada jurnal ilmiah ber-ISSN.

Tiga Kepala Sekolah dan dewan guru SD Negeri 38, 44, dan 49serta beberapa guru matematika SMA Negeri 4 Kota Ternate yang menghadiri kegiatan pembinaan tersebut memperoleh tiga materi penting tentang penulisan PTK dan KTI yang diberikan oleh TIM Dosen Pendidikan Matematika. Materi pertama tentang “Pentingnya Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru SD & Matematika” oleh Dr. Karman La Nani, S.Pd.,M.Si, Materi kedua tentang “Struktur Penelitian Tindakan Kelas & Prosedur Penulisannya” oleh Ariyanti Jalal, S.Pd.,M.Pd & Wilda Syam Tonra, S.Pd.,M.Pd, dan materi ketiga tentang “Karya Tulis Ilmiah dan Persyaratan Publikasi Jurnal Ilmiah oleh Dr. Joko Suratno, S.Pd.,M.Pd.Si dan Ahmad Afandi, S.Pd.,M.Pd. Penyampaian materi tersebut menjadikan Diah Parawitha Sari, S.Pd.,M.Pd sebagai moderator yang memandu jalannya kegiatan.

Hasil kegiatan tersebut mengantarkan 28 (dua puluh delapan) guru SD dan SMA yang hadir sebagai peserta, dapat merumuskan permasalahan dan judul penelitian tindakan kelas untuk selanjutnya akan dibimbing secara periodik oleh para dosen pendidikan matematika. Harapan TIM dosen Program Studi Pendidikan Matematika dan Kepala Sekolah di tiga SD Negeri tersebut, agar para guru senantiasa bersungguh-sungguh dalam menghasilkan PTK, untuk selanjutnya diseminarkan melalui Desiminasi Hasil PTK, dikembangkan menjadi karya ilmiah dan dapat dipublikasikan pada jurnal ilmiah.(Humas)

Foto dan redaksi dari Karman La Nani

Comments

comments