LDK Babussalam Unkhair Siapkan Kegiatan Mahasiswa Selama Bulan Ramadan

Unkhair.ac.id Menyambut Ramadan 1439 H, unit kegiatan kerohanian Islam Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Babussalam melaksanakan kegiatan Ramadan di Kampus, kegiatan ini merupakan sebuah rangkaian kegiatan Ramadan yang dilaksanakan di mesjid kampus Muhammad Samil Djahir Unkhair. Ramadan 1439 hijriah kali ini ada yang spesial ungkap Abu Rahmat Ibrahim pembina LDK Babussalam, rangkaian kegiatan Ramadan ini diawali dengan Kegiatan tablig akbar yang mengangkat tema  “Rindu Ramadan” yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 12 Mei 2018 lalu di masjid kampus Muhammad Samil Djahir Unkhair. Kegiatan ini menghadirkan 200-an peserta dari mahasiswa muslim yang berada di Universitas Khairun, acara ini dibuka langsung oleh wakil Rektor 3 bidang kemahasiswaan Syawal Abdulajid,SH.MH.

Selanjutnya selama bulan suci Ramadan ini sejumlah rangkaian kegiatan Ramadan yang akan dilaksanakan ialah, solat tarawi berjamaah di masjid Muhammad Samil Djahir  Kampus 2 Unkhair Jln Jusuf Abdurahman Gambesi Ternate dan kegiatan yang sama dilaksanakan di Kampus 1 Jalan Bandara Babullah Ternate Utara. Dengan berkoordinasi bersama takmir masjid Babussalam dan Muh. Samil Dzahir dan khusus Masjid MSD Kampus 2 setiap jamaah tarawih akan mendapatkan makan malam gratis.

Kemudian kegiatan kajian rutin Senin sore (Kantin SS) kampus 2 dan Kantin Kamso (Kajian Rutin Kamis Sore) kampus 1 yang juga dirangkaiakan dengan buka puasa bersama, untuk buka puasa bersama dilakukan setiap hari selama bulan suci Ramadan, kegiatan selanjutnya ialah kuliah tujuh menit (Kultum) bakda sholat dzuhur dan tadarus keliling.

Untuk tadarus keliling dilaksanakan di rumah pimpinan Universitas dan pimpinan fakultas, dimulai dari rumah Rektor dan selanjutnya ke rumah wakil Rektor dan seluruh Dekan dari 8 fakultas yang ada di Universitas Khairun. Yang tidak kalah menarik ialah nantinya di tanggal 27 Mei/11 Ramadan 1439 H atau tepat di hari Minggu akan dilaksanakan agenda sehari bersama Al-Qur’an, kegiatan ini dilakukan sehari penuh sejak jam 08.30-16.30 dengan agenda: Kajian tentang menumbuhkan kecintaan terhadap Al-Qur’an, membaca 3 Juz/Orang dan menghafal Q.S Al-Mulk, hal ini dilakulan karena bulan Ramadan merupakan bulan dimana turunnya Al-Qur’an, Sehinga akan menumbuhkan kecintaan kepada Al-Quran pada diri mahasiswa dan insya Allah nantinya akan juga dilaksanakan buka puasa bersama dengan anak yatim yang merupakan acara puncak dari Ramadan yg dilaknakan tahun ini.

Serangkaian kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan agar masyarakat kampus terutama mahasiswa dapat menjadikan Ramadan sebagai sebuah sarana beribadah dengan maksimal meskipun tetap melakukan aktivitas akademiknya.(Humas Mesjid Muh Samil Djamil).

Sumber : Abu Rahmat Ibrahim, M.Sc (Pembina LDK Babussalam)

Please follow and like us:
20

Comments

comments

Top

Enjoy this blog? Please spread the word :)

RSS
https://www.facebook.com/Universitas-Khairun-196552343866215/
https://www.facebook.com/Universitas-Khairun-196552343866215/
https://www.instagram.com/universitaskhairun