Kementerian Perdagangan RI gandeng Unkhair Sosialisasi Kebijakan Perdagangan Era Digital

Unkhair.ac.id. Pesatnya perkembangan pasar online tidak hanya terjadi pada beberapa negara saja, Indonesia termasuk dalam perkembangan pasar online, transaksi jual beli secara online dengan menggunakan ponsel pintar berbasis android di Indonesia setiap tahunnya terus meningkat, tahun 2014 pengguna ponsel pintar 32.6%, tahun 2015 meningkat menjadi 37.1% dan pada tahun 2017 meningkat menjadi 43.2%. (Sumber Statistika 2017). Dengan pesatnya perkembangan ini membuat indonesia menjadi pasar smartphone terbesar ke 3 di Asia Pasifik. Dengan Perkembangan Infrastruktur, internet dan perangkat smartphone yang semakin tersedia dan menyebar dimasyarakat menciptakan landasan perkembangan pasar online di Indonesia. Untuk itu peran UKM dalam negeri yang dengan gencar mengoptimalkan peran pasar online. UKM sebagai komponen dalam pasar online dapat disaksikan melalui persaingan penyedia layanan marketplace online yang berlomba untuk mempromosikan marketplacenya sebagai tempat terbaik bagi UKM untuk memasarkan produk. Bukalapak.com salah satu marketplace terbesar di Indonesia bahkan sempat memposisikan diri sebagai marketplace yang fokus bagi UKM Indonesia.

Untuk itu Fakultas Ekonomi Bisnis Unkhair dan Kementerian Perdagangan RI melalui biro Humas menyelenggarakan sosialisasi kebijakan perdagangan dengan tema “Menggerakkan Semangat Kewirausahaan dan Memperluas Pemanfaatan E-Commerce Dalam Era Digital” di Universitas Khairun (Senin,14 Mei 2018). Hadir dalam kesempatan itu Wakil Rektor III Syawal Abdulajid,SH.MH, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dr. Abdullah W. Jabid,SE.MM beserta para Wakil Dekannya, para Dosen dan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, turut hadir para pelaku usaha UKM se Kota Ternate dan para pelaku binis online se Kota Ternate.

Kegiatan sosialisasi ini buka oleh Rektor Universitas Khairun, Kepala Dinas Perdagangan Kota Ternate Nuryadin A. Rahman mengatakan bahwa di Ternate sendiri telah tersedia situs pasar online yakni Jual Beli Seputar Ternate, Pasar Gamalam Online dll, dengan berbagai macam perkembangan pasar online di area Ternate menunjukan adanya peningkatan pasar online. Dari pihak Kementerian Perdagangan RI mewakili Kepala Biro Humas Drs. Wihono membaca sambutan kepala Biro Humas Kementerian Perdagangan FAJARINI PUNTODEWI, S.H., MSi, beliau menyampaikan terima kasih kepada Universitas Khairun dan Dinas Perdagangan Kota Ternate yang telah memfasilitasi kegiatan ini hingga dapat terlaksana, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kewirausahaan dan peningkatan iklim usaha yang lebih baik lagi. Selanjutnya Rektor Universitas Khairun Prof.Dr.Husen Alting,SH.MH mengucapkan terima kasih telah memilih Unkhair dalam kegiatan ini, semua aspek perdagangan telah beralih dari sistem konfesional ke sistem elektronik, dengan penggunaan e-commerce dapat terakses oleh semua kalangan dalam masyarakat, pesan Rektor kepada mahasiswa agar dapat menggunakan kesempatan berbisnis dengan tidak meningalkan kesempatan kuliahnya, beliau mencontohkan dengan kemajuan teknologi orang yang tidak mempunyai atau tidak memiliki hotel tapi dapat menjual atau menyewakan kamar hotel, orang yang tidak memiliki pesawat tapi dapat menjual tiket pesawat.

Kementerian Perdagangan sendiri menghadirkan pelaku binis dari Jakarta, Dinar Sudianto adalah seorang konsultan pemasaran online beliau menjelaskan bagaimana fenomena jual beli online seperti Batu Akik dan berbagai macam tanaman. Dari manajemen Bukalapak.com juga memberikan materinya, bagaimana cara berbisnis online di Bukalapak.com, apa yang harus dijual, bagaimana cara menjualnya, produk apa yang dipasarkan.(Humas)

Please follow and like us:
20

Comments

comments

Top

Enjoy this blog? Please spread the word :)

RSS
https://www.facebook.com/Universitas-Khairun-196552343866215/
https://www.facebook.com/Universitas-Khairun-196552343866215/
https://www.instagram.com/universitaskhairun