UPT Pengembangan Karier dan Kewirausahaan Siapkan Pengusaha Baru

Unkhair.ac.id. Mahasiswa dari berbagai fakultas memadati aula gedung Fakultas Ekonomi Bisnis, meraka dengan serius meneriam materi yang disajikan oleh UPT Pengembangan Karier dan Kewirausahaan Universitas Khairun. Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan Syawal Abdulajid,SH.MH membuka dengan resmi sosialisasi program mahasiswa wirausaha, Syawal meminta kepada mahasiswa agar menggunakan kesempatan ini untuk dapat mengembangkan wirausaha mandiri, setiap mahasiswa diharapkan menciptakan jenis usaha agar dapat dikembangkan untuk menciptakan lapangan kerja.

Ikbal .M.Aris, SE.M.Si  menyampaikan urgensi dari kegiatan ini serta dan tujuan dari UPT Pengembangan Karier dan Kewirausahaan, urgensi dari kegaiatan ini adalah Kompetisi di dunia kerja saat ini sangat bersaing dan kompleks. Kompetensi menjadi derajat kelayakan untuk bekerja di suatu bidang pekerjaan ditambah lagi belum cukup hanya kompetensi (hard skill) untuk menawarkan diri pada dunia kerja. Untuk itu diharapkan kepada Mahasiswa dapat memahami dan mempersiapkan diri untuk dunia kerja, informasi lowongan kerja dan magang, melakukan pelatihan mengenai dunia kerja dan kewirausahaan, serta menyelenggarakan proses perekrutan tenaga kerja. Untuk selanjutnya kami dari pihak Universitas akan melakukan kemitraan dan jaringan kerjasama dengan pemangku kepentingan.

Tujuan kegiatan ini dilaksanakan Mempersiapkan mahasiswa dan alumni Universitas Khairun untuk merencanakan karier sesuai  standar kompetensi kebutuhan dunia kerja. Memberikan informasi lowongan kerja dan magang, melakukan pelatihan mengenai dunia kerja dan kewirausahaan, serta menyelenggarakan proses perekrutan tenaga kerja. Membangun dan mengembangkan kemitraan dan jaringan kerja sama dengan pemangku kepentingan. Lanjut pak Aris untuk melihat persyaratan lainnya, mahasiswa diminta untuk mengunjungi website https://unkhair.ac.id/unit-pelaksana-teknis/  setelah itu mahasiswa dapat membuat proposal jenis usaha dan selanjutnya di email ke bankarwa@unkhair.ac.id .

Selanjutnya Ir.H.Chairul Saleh Arief.MM menyampaikan materi dengan judul Bisnis Itu Mengasikan,  alasan klasik yang sering dijadikan andalan tidak mau mulai usaha karena tidak punya modal. Seandainya saya bertanya kepada anda butuh modal uang berapa sih?…, jadi jangan cuman asal bicara besar saja agar orang  bilang hebat, kalo serius maka tentukan dulu, mau usaha apa, terus cari contoh, kemudian hitung  berapa kebutuhannya, nah dari situ baru ketahuan butuh modal berapa, kalo memang belum ada, coba cari pinjaman ke orang-orang terdekat. Ingat pinjaman bukan dana hibah (pemberian) jadi harus disepakati kapan di pulangkan, terus yang paling penting mulailah dari yang sederhana dulu, seperti usaha yang modalnya masih kisaran puluhan sampai ratusan. Lanjut Chairul Saleh bisa di sebutkan jenis usaha apa yang tidak bisa membuat pengusahanya menjadi jutawan, bahkan miliarder? semua usaha bisa membuat pengusahanya menjadi jutawan bahkan milyarder mulai dari properti sampai pengolahan sampah sekalipun. Kalau toh ada yang usahanya sama, tapi belum juga sukses-sukes berarti ada yang salah  dengan pengelolaannya. Bukti bahwa semua usaha bagus dan kabar gembiranya dalam dunia usaha menyontek itu halal, bahkan dianjurkan untuk kebaikan bersama,  jadi cara menentukan ide bisnis yang mudah itu catat semua ide usaha yang kita ketahui di kertas kecil kemudian gulung terus kocok mirip arisan ibu-ibu,  ambil salah satunya dan selamat anda baru milih ide bisnis yang mengantarkan anda calon miliarder.

Selanjutnya M. Hidayat Marasabessy,SP.M.Si memberikan motivasi kepada semua mahasiswa/wi agar percaya diri untuk melakukan langkah awal dalam berbisnis.

Nurlela,SE.MSI yang sering disapa Ibu Lela ini menyampaikan “Peluang Usaha dan Identifikasi Usaha Baru”. SEBELUM…….menyusun business plan (rencana usaha), maka yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah menentukan jenis usaha yang akan kita lakukan. Ibu Lela yang juga wakil Dekan I Fakultas Ekonomi Bisnis menyampaikan beberapa hal yang bisa dilakukan seseorang untuk menangkap peluang usaha diantaranya :

Seorang pebisnis harus Melihat peluang pasar diibaratkan seperti seorang anak yang ingin membaca,namun sebelum ia bisa membaca ia harus bisa melihat hal apa saja yang harus ia baca. Dalam konteks membaca peluang pasar, maksud dari melihat disini adalah kita melihat apa yang menjadi masalah dari fenomena-fenomena yang ada di sekitar kita dan siapa yang mengalami masalah tersebut, yang  kemudian kita cari celah agar kita dapat menembus peluang di dalam celahcelah kecil tersebut.

Seorang pebisnis harus Mendengar dalam hal ini maksudnya adalah bagaimana kita mengetahui secara langsung tentang kebenaran masalah yang terjadi di pasar. Mendengar disini juga memiliki tujuan agar kita mengenal lebih dekat dengan konsumen, sehingga masalah yang didapatkan lebih tepat sasaran.

Seorang pebisnis harus Membaca, Setelah kita melihat dan mendengar mengenai masalah yang terjadi, kemudian semuanya kita baca perlahan tentang apa yang telah kita lihat dan dengar. Penting untuk diingat, kita membaca bukan untuk menghafal, tetapi untuk memahami. Selain itu juga dalam tahap membaca ini, perlu diingat bahwa jangan ada satupun poin yang terlewatkan untuk dibaca, dipahami, dan dianalisis. Karena seberapa kecilpun poin yang telah dihasilkan, akan memiliki peranan yang cukup dapat diperhitungkan dalam kesimpulan akhir yang. Lanjut ibu Lela, Wirausaha harus di mulai dengan sebuah rencana, rencana tersebut akan disertai dengan sebuah ide, inovasi, kreatifitas sang wirausahawan. Jika kita mau melakukan atau mewujudkan ide itu dalam sebuah tindakan           atau pekerjaan, dan hasil dari pekerjaan kita tersebut ada 2 kemungkinan, yaitu : Pekerjaan kita berhasil, sehingga kita mendapatkan uang. Pekerjaan kita gagal, sehingga kita harus memikirkan kembali rencana kita.

SUKSES ADALAH MILIK KITA SEMUA, Salah satu kunci sukses memulai usaha adalah adanya kemampuan dan Kemauan, menuangkan ide-ide atau gagasan cemerlang yang kreatif dan inovatif dan mempunyai nilai ekonomi/komersial tinggi ke dalam sebuah Business Plan atau perencanaan bisnis yang matang dan realistis.(Humas)

Comments

comments