Direktur Penanganan Konflik Tenurial dan Hutan Adat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Beri Kuliah Umum di Unkhair

Unkhair.ac.id. Fakultas Pertanian Program Studi Kehutanan melaksanakan kuliah umum (Kamis 26 April 2018), dengan tema “Perhutanan Sosial Solusi Penanganan Konflik Tenurial dan Hutan Adat”. Kegiatan yang dilaksanakan di aula Nuku gedung Rektorat Universitas Khairun ini menghadirkan pemateri  Bpk. Ir. Irmansyah Rachman, beliau adalah Direktur Penanganan Konflik Tenurial dan Hutan Adat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Hadir dalam kesempatan ini sivitas akademika Fakultas Pertanian, Mahasiswa Program Studi Kehutanan dan para Dosen Program Studi Kehutanan.

Mewakili Dekan Fakultas Pertanian Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Ramli Hadun menyampaikan sambutan pembuka, beliau berterima kasih atas dukungan dan kerjasama selama ini terjalin antara Universitas Khairun dengan Departemen Kehutanan wilayah Maluku Utara, beliau juga menjelaskan keadaan hutan di wilayah kota Ternate dan berbagai macam masalah dalam menanggulangi keadaan hutan yang ada di wilayah Kota Ternate.

Selanjutnya Rektor Universitas Khairun Prof. Dr. Husen Alting memberikan sambutan dan sekaligus membuka acara kuliah umum, dalam sambutannya Rektor mengatakan bila diperlukan bantuan dari Universitas Khairun kami siap dengan dukungan Mahasiswa dan Dosen yang mampu berbagi untuk keperluan di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, baik dalam bentuk penelitian dan program program pemerintah lainnya.

Ditemani oleh Hidayat Marasabessy,SP.M.Sc  sebagai moderator Ir. Irmansyah Rachman menyampaikan kuliah umumnya dihadapan Mahasiswa Program Studi Kehutanan dalam materinya beliau menjelaskan skema perhutanan sosia. Perhutanan Sosial adalah sistem pengelolaan hutan lestari yang dilaksanakan dalam kawasan hutan negara atau hutan hak/hutan adat yang dilaksanakan oleh masyarakat setempat atau masyarakat hukum adat sebagai pelaku utama untuk meningkatkan kesejahteraannya, keseimbangan lingkungan dan dinamika sosial budaya dalam bentuk Hutan Desa, Hutan Kemasyarakatan, Hutan Tanaman Rakyat, Hutan Rakyat, Hutan Adat dan Kemitraan Kehutanan. (PermenLHK No.83/2016), lanjut Irmansyah pengertian konflik tenurial hutan adalah berbagai bentuk perselisihan atau pertentangan klaim penguasaan, pengelolaan, pemanfaatan, dan penggunaan kawasan hutan. (*Humas)

Comments

comments