Rektor Unpad Beri Kuliah Umum di Unkhair

Unkair.ac.id. Rektor Universitas Padjajaran (Unpad) Prof. Dr.Med. Tri Hanggono Achmad,dr sebelum memberi kuliah umumnya dihadapan mahasiswa kedokteran, biologi dan kimia Universitas Khairun. (Rabu, 18 April 2018), terlebih dahulu menandatangani MoU antara Universitas Padjajaran dan Universitaw Khairun yg ditandatangani langsung oleh Rektor Universitas Khairun Prof. Dr. Husen Alting, SH.MH. Dalam sambutnya Rektor Universitas Khairun mengatakan gagasan kerjasama ini adalah inisiatif dari Rektor Unpad ketika kedua Rektor ini bertemu di Jogyakarta pada suatu acara, lanjut Husen kerjasama ini dimungkinkan para Dosen di Fakultas Kedokteran maupun Dosen dari fakultas lain  dapat melanjutkan studin S3 di UNPAD. Rektor Unkhair juga berharap adanya bimbingan dari Unpad untuk percepatan pembangunan dan pengembangan kampus Unkhair.

Pada sesi acara saling memberi cenderamata Rektor Unpad memberikan ke Rektor Unkhair sebuah jam dan beliau langsung menjelaskan makna cenderamata berupa jam ini.

Selanjutnya Prof. Dr.Med. Tri Hanggono Achmad,dr memberikan kuliah umumnya hadir dalam kesempatan ini para Dokter, Dinas Kesehatan Kota Ternate, Kepala Rumah Sakit Provinsi Malut, Dekan Fakultas Kedokteran, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Dekan Fakultas Hukum dan Kepala BNPN Malut Brigjen Pol. Dr. Budi Gunawan.

Kuliah umum dengan tema “Permasalahan dan Solusi Kesehatan Daerah Kepulauan” diikuti dengan antusiasnya mahasiswa kedokteran, biologi dan kimia. Prof. Tri Hanggono mengatakan kelak beliau hadir di Universita Khairun kembali bukan sebagai pemberi materi kuliah tapi beliau ingin mendengar para mahasiswa kedokteran yang akan mempersentasikan bahan kuliahnya. Pendidikan transformatif adalah pendidikan yang lepas dari batasan antara ruang dan waktu untuk itu kedepan fakultas kedokteran bukan lagi kuliah diruang kuliahnya tapi langsung berada di Rumah Sakit atau di Puskesman yang berada di wilayah Maluku Utara ucap Prof Tri Hanggono.

Ciri khas pendidikan tinggi untuk bidang pendidikan kesehatan berbasis kepulauan belum ada di Universitas lainnya maupun di dunia ini, untuk itu diharapkan Universitas Khairun terutama fakultas kedokteran dapat menjadi pioner dalam mewujudkan ciri khas Fakultas Kedokteran Kepulauan.

Perkembangan teknologi semakin canggih untuk itu para mahasiswa Kedokteran jangan hanya mempelajari ilmu kedokteran saja tapi juga harus mempelajari teknologi informasi, agar dalam menjawab tantangan kedepan para mahasiswa dapat merespon perkembangan yang semakin cepat.

Pada sesi tanya jawab Rektor Universitas Padjajaran tidak menjawab pertanyaan para penanya tapi beliau menantang para mahasiswa untuk mendiskusikan pertanyaannya dan dibuatkan tulisan ilmiah lalu dikirimkan ke email rektor@unpad.ac.id . jika tulisan mahasiswa mendapat nilai baik maka si penulis akan mendapat hadiah berupa melanjutkan studinya ke Unpad secara gratis, seketika penanya awalnya hanya tiga orang kembali ramai akhirnya diputuskan kepada seluruh mahasiswa Unkhair jika dalam mengirim tulisannya dan dianggap layak akan diberikan kesempatan kepada 6 orang penulis terbaik untuk kuliah di Unpad.

Acara kuliah umum ditutup dengan foto bersama mahasiswa Fakultas Kedokteran,Biologi dan Kimia dengan Rektor Universitas Padjajaran Prof. Dr.Med. Tri Hanggono Achmad,dr. (*Humas)

Comments

comments