Bahasa daerah Taliabo,Bacan dan Ternate diambang kepunahan

Unkhair.ac.id Punahnya bahasa daerah di zaman generasi melenia menjadi perhatian serius oleh sivitas akademika Universitas Khairun, Untuk itu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun mengadakan Workshop Internasional Kebahasaan. Dekan FKIP Dr. Abdulrasyid Tolangara,SP.d.M.Si, mengatakan bahasa daerah sudah mulai terasa diambang kepunahan sehingga kegiatan workshop ini bertujuan untuk mencari solusi terhadap punahnya bahasa daerah di wilayah Maluku Utara, kegiatan seperti ini juga memberikan masukan kepada para peneliti bahasa untuk mencari solusi terhadap masalah yang dihadapi, hasil penelitian dapat menjadi dasar untuk merumuskan konsep akademik yang akan di sampaikan kepada instansi terkait untuk mengambil kebijakan dalam menghadapi masalah ini.

Workshop Internasional Kebahasaan dengan tema “Penelitian dan Revitalisasi Bahasa Daerah : Taliabo, Bacan dan Ternate” berlangsung hari ini (Selasa, 27 Maret 2018) diruang aula Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jalan Bandara Sultan Babullah Ternate. Terselenggaranya kegiatan workshop ini hasil dari kerjasama antara Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, program studi pendidikan bahasa inggris dengan kantor urusan internasional Universitas Khairun dan Penguatan kerjasama Internasional Universitas Khairun dan University Kebangsaan Malaysia. Hadir dalam kegiatan ini para peneliti bahasa, para Dosen,Guru, Mahasiswa dari prodi bahasa Inggris dan sastra Inggris serta mahasiswa dari prodi bahasa Indonesia.

Hadir sebagai pembicara internasional adalah Prof. Dr. James T. Collins (Senior Researcher University Kebangsaan Malaysia). Beliau memaparkan upaya pelestarian bahasa daerah yang terancam punah, fokus penelitian yang akan dilakukan adalah penelitian terhadap bahasa daerah Taliabo, bahasa daerah Bacan dan bahasa daerah Ternate.

Kegiatan ini akan dirangkai dengan kuliah tamu dengan tema “Bahasa Daerah dan Komunitas”, akan berlangsung besok Rabu 28 Maret 2018 di aula Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unkhair jalan Bandara Sultan Babullah Ternate, kepada praktisi, pengajar maupun pemerhati bahasa daerah diharapkan hadir dalam kegiatan ini. (HumasUnkhair)

Please follow and like us:
20

Comments

comments

Top

Enjoy this blog? Please spread the word :)

RSS
https://www.facebook.com/Universitas-Khairun-196552343866215/
https://www.facebook.com/Universitas-Khairun-196552343866215/
https://www.instagram.com/universitaskhairun