Siaran “SMART MATEMATIKA” Di RRI Ternate

Unkhair.ac.id Upaya membumikan matematika sebagai basic knowladge untuk mendorong motivasi peserta didik dan masyarakat terhadap matematika, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Khairun sejak 15 Maret 2017 melakukan kerjasama (MoU) dengan RRI Cabang Ternate. Hasil MoU tersebut dibukanya acara siaran “SMART MATEMATIKA”yang mengudara melalui Pro 1 Frekuensi 106 MhzRRI Ternate setiap haris senin malam selasa pada pukul 21.30–22.30 WIT minggu pertama dan minggu kedua setiap bulan. MoU yang di tandatangani oleh Kepala RRI Ternate Fitra Widjaya, SE dengan Nurma Angkotasan, S.Pd, M.Pd selaku ketua Program Studi Pendidikan Matematika periode 2014-2017, berjalan dengan lancar dibawah asuhan Bapak Dr. Karman La Nani, M.Si.Selama penyiarannya, SMART MATEMATIKA telah menyiarkan Visi Misi serta Tujuan program studi pendidikan matematika, dan beberapa konsep pengembangan matematika. Konsep pengembangan matematika yang sudah disiarkan selama ini, sesuai daftar berikut:

  1. Profil Program Studi dan Nara Sumber oleh Nurma Angkotasan, M.Pd &  Karman La Nani, M.Si
  2. Urgensi Matematika dalam Kehidupan Masyarakat Modern OLeh Dr. H. Idrus Alhaddad, M.Pd
  3. Pesona Matematika Menantang dan Menyenangkan Oleh   Karman La Nani, M.Si
  4. Matematika dan Filosofi Perkembangannya Oleh Dr. Yahya Hairun, M.Si
  5. Literasi Matematika: Konsep dan Strategi Pengembangannya Oleh Dr. Hasan Hamid, M.Si
  6. Smart Berpikir Reflektif Matematika Oleh Dr. Hery Suharna, M.Sc.
  7. Tips Mengkomunikasikan Matematika Oleh Dr. In H. Abdullah, M.Si
  8. Strategi Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis IT Oleh Dr. Joko Suratno, M.Pd.Si.
  9. Menjumlah Tanpa Simpan dan Mengurang Tanpa Pinjam dalam operasi Matematika Oleh Dr. Karman La Nani, M.Si.
  10. Menaklukan Operasi Perkalian dan Pembagian dalam Pembelajaran Matematika Oleh Dr. Karman La Nani, M.Si.

Konsep-konsep siaran di atas merupakan materi dasar matematika yang memotivasi peserta didik dan masyarakat untuk mengenal matematika sebagai suatu pengetahuan yang patut dipelajari agar tidak dianggap sulit dan menakutkan. Matematika sebagai dasar natural science, sosial science dan humanioramenempatkan dirinya sebagai ratu dan pelayan bagi semua aspek pengetahuan, diharapkan menjadi muatan penting dalam keidupan bermasyarakat, beragama, berbudaya, dan berbangsa. Kontruksi matematika yang terstruktur dan hirarki, berkontribusi secara universal dan khusus dalam berbagai sendi kehidupan masyarakat. Peran matematika yang sangat strategis untuk kepentingan masyarakat, menjadikan ilmu matematika ditempatkan sebagai pelajaran wajib untuk dipelajari oleh peserta didik diberbagai jenis dan level pendidikan, baik pendidikan formal, pendidikan non-formal maupun pendidikan informal. Manurut Dr. Karman La Nani, M.Si, kedudukan matematika tersebut yang memotivasi program studi pendidikan matematikaFKIP Unkhair Ternate untuk selalu menyuarakan matematika secara terstruktur dan kontinu agar bermanfaat bagi kepentingan masyarakat, terutama bagi mahasiswa program studi pendidikan matematika untuk mencapai visi: unggul dalam pengajaran, penelitian dan pengembangan penerapan matematika, serta pengabdian pada masyarakat, baik di tingkat regional maupun nasional di tahun 2021.

Mencapai visi program studi Pendidikan Matematika memiliki empat misi yang ingin dicapai, yaitu: (1) Menjadikan tenaga pengajar matematika yang profesional, berwawasan luas dan mampu mengikuti perkembangan Iptek; (2) Mendukung pengembangan IPTEK melalui pengajaran dan penelitian pengembangan pendidikan matematika; (3) Menjadikan sarjana Pendidikan Matematika yang memperoleh pengakuan kompetensi akademik yang  Professional; dan (4) Memberikan kontribusi dalam memecahkan permasalahan pendidikan Matematika terutama pendidikan matematika Maluku Utara. Tujuan yang ingin dicapai Program studi pendidikan matematika dalam pengembangan kegiatan akademiknya, yaitu: (1) Mewujudkan lulusan yang mampu melaksanakan tugas sebagai guru yang profesional dalam bidang studi matematika, dalam arti menguasai materi secara mendalam, terampil dalam mengembangkan atau menerangkan, strategi, model pembelajaran, metode dan pendekatan pengajaran secara efektif dan efesien menuju pencapaian tujuan pendidikan nasional; (2) Mengembangkan matematika sebagai dasar ilmu pengetahuan untuk kepentingan pendidikan dan Iptek melalui kegiatan penelitian; (3) Mampu mengamalkan ilmu dan keterampilan yang dimiliki serta responsif dan antisipatif terhadap berbagai persoalan pendidikan nasional; (3) Mewujudkan tenaga pendidikan yang berkualifikasi S3 dan guru besar; dan (5) Menghasilkan sarjana matematika yang dapat melanjutkan studi ke jenjang S2 pendidikan matematika, pendidikan dan non kependidikan.

Mencapai visi, misi dan tujuan tersebut, program studi pendidikan matematika melalui koordinator program studi baru periode 2018-2022, Dr. Karman La Nani, M.Siakan melenjutkan kegiatan siaran SMART MATEMATIKAasuhannya sebagai suatu program kerjasama dengan RRI yang dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kepentingan masyarakat, guru matematika, dan peserta didik, masa kini dan masa mendatang.Capaian ini sebagai upaya Program Studi Pendidikan Matematika untuk merealisasikan harapan kepala RRI Ternate Fitra Widjaja, S.E agar siaran SMART MATEMATIKA dapat menjadisolusi mengatasi persoalan sulitnya matematika, terutama bagi para siswa sebagai generasi penerus bangsa.

Guna keberlangsungan acara siaran SMART MATEMATIKA, Program studi Matematika saat ini sudah menyiapkan beberapa judul matematika sekolah, yaitu: (1) Inovasi dan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Operasi Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat; (2) Memahami faktor suatu bilangan dan teknik penyelesaian KPK dan FPB beberapa Bilangan; (3) Teknik Penyelesaian Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Biasa dengan Multimedia Interaktif; (4) Strategi Mengubah Bentuk Pecahan dalam Pembelajaran Matematika; (5) Teknik Penyelesaian Operasi Perkalian dan Pembagian Pecahan Biasa dan Penggunaan Media Alternatifnya; (6) Strategi Mengubah Bentuk Pecahan dalam Pembelajaran Matematika; (7) Menerapkan Konsep Relasi dan Fungsi Linier dalam Pemecahan Masalah; (8) Melatih dan Membedakan Konsep Sistem Persamaan Linier dalam Pemecahan Masalah; (9) Persamaan dan Pertidaksamaan  Linier dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Matematika; (10). Mengungkap Konsep dan Sifat-Sifat Bangun Datar Persegi dan Persegi Panjang secara Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika; (11) Mengungkap Konsep dan Sifat-Sifat Bangun Datar Segitiga  secara Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika; (12) Membedah Konsep dan Sifat-Sifat Bangun Ruang Kubus dan Balok secara Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika; (13) Membedah Konsep dan Sifat-Sifat Bangun Ruang Kerucut dan Tabung secara Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika; dan (14). Membedah Konsep Lingkaran secara Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika.

Pengasuh acara ini akan membina mahasiswa sebagai pemandu acara, diantaranya: Salma S. Hauvelman, Marwia Nawai, Siti Rahayu, Silsentia Manyila, dan Nurhuda Teapon.

Informasi dan Foto dari Dr. Karman La Nani, M.Si.

Humas Unkhair

Please follow and like us:
20

Comments

comments

Top

Enjoy this blog? Please spread the word :)

RSS
https://www.facebook.com/Universitas-Khairun-196552343866215/
https://www.facebook.com/Universitas-Khairun-196552343866215/
https://www.instagram.com/universitaskhairun