Rektor Perkenalkan Berbagai Aplikasi Sistem Informasi di Acara Wisuda Periode II Tahun Akademik 2017/2018

Wisuda Magister, Sarjana dan Ahli Madya Periode II Tahun Akademik 2017/2018 berlangsung di Aula Banau Universitas Khairun Jalan Bandara Babullah Ternate (Kamis, 15 Maret 2018). Hadir dalam kesempatan itu Ketua  Ikatan Alumni Universitas Khairun, yang diwakili oleh Dr. Wahda Z.Imam,SH.MH, Para Pimpinan Perguruan Tinggi Se – Maluku Utara, Para tokoh-tokoh pendiri Unkhair yang  berkesempatan hadir, Plt. Gubernur, Bupati, dan Walikota Provinsi Maluku Utara, Para Guru besar, Dosen, Pejabat dan Staf di lingkungan Universitas Khairun, Wisudawan/ti beserta keluarga, Pimpinan Bank.

Wisuda pada hari ini diikuti oleh 719 wisudawan / wisudawati   yang   terdiri   dari Fakultas Hukum 41 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 101 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 380 orang, Fakultas Pertanian 34 orang, Fakultas Perikanan dan Kelautan 24 orang, Fakultas Ilmu Budaya 37 orang, Fakultas Teknik 58 orang dan Program Pasca sarjana 44 orang. Dari 675 wisudawan/wisudawati Program S-1 dan D3, 24 wisudawan/wisudawati atau 3,6 % di antaranya memperoleh predikat pujian. Dari 24 wisudawan/wisudawati tersebut, dua diantaranya memiliki Indek Prestasi Komulatif (IPK) tertinggi yakni 3,99 (Tiga Koma Sembilan Sembilan)  atas  nama Aulia Dwiyanti dan Marseilles Tianusa dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pedidikan, dengan waktu tempuh studi tercepat 3 Tahun 4 Bulan. Rektor dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para orang tua wisudawan/wisudawati yang memperoleh predikat pujian, Rektor juga mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan/ wisudawati, yang mulai hari ini secara resmi telah berhasil menyelesaikan rangkaian proses  pendidikan  formal  lengkap  dengan segala bentuk evaluasi di dalamnya. Terimakasih tak lupa juga kami sampaikan kepada orang tua atau wali wisudawan/wisudawati yang telah mempercayakan pendidikan putra putrinya menempuh pendidikan di Univ. Khairun. Kami juga memohon maaf apabila selama mendidik putra-putri Bapak/Ibu masih banyak kekurangan.

Dalam kesempatan itu Rektor menyampaikan sejumlah perkembangan yang terjadi di Universitas Khairun yang kita banggakan ini. Diantaranya adalah peningkatan nilai akreditasi Program Studi di delapan Fakultas,   Alhamdulillah  dari   36    program studi SI yang telah terakreditasi peringkat B sebanyak 28 prodi dan sisanya tujuh prodi baru sedang dalam proses pengusulan akreditasi menuju B. sehingga target di Tahun 2018 beberapa prodi yang dalam proses reakreditasi didorong untuk mendapat peringkat akreditasi A. Selain itu pada tahun ajaran 2017/2018 program pasca sarjana bertambah dua prodi baru yaitu prodi Pertanian dan Pendidikan Biologi, sehingga total Program Studi Pasca  Sarjana    adalah enam dan tiga Prodi telah memperoleh peringkat akreditasi B.

Dengan kemajuan teknologi yang semakin maju Universitas Khairun terus berupaya untuk menyesuaikan diri atas kemajuan informasi dan teknologi tersebut untuk itu  Rektor Universitas Khairun memperkenalkan berbagai macam aplikasi yang sudah dan akan dipakai dalam proses administrasi perkuliahan maupun administasi umum lainnya, diantara aplikasi tersebut adalah :

Untuk kemudahan pelayanan administrasi keuangan, Unkhair telah mengembangkan  program aplikasi Student Payment Center Host to Host antar Bank Negara Indonesia (BNI) dan UNKHAIR. Program ini sangat membantu  mahasiswa dalam    transaksi pembayaran melalui ATM, SMS Banking dan Internet Banking. Selain aplikasi yang telah disebutkan di atas, kini Unkhair telah mengembangkan beberapa fasilitas aplikasi antara lain: 1. Aplikasi pendaftaran kubermas dan wisuda, 2. Sistem Informasi penilaian kinerja pegawai (SIKERJA), 3. Sistem informasi penelitian dan pengabdian masyarakat, 4. Sistem informasi sarana dan prasarana,    5. Sistem informasi perencanaan anggaran (SIPENA), 6. Aplikasi manejemen persuratan (e-Surat), 7. Sistem informasi terpadu dan 8. Aplikasi saran dan laporan. Khusus untuk aplikasi sistem informasi perencanaan anggaran, aplikasi sistem informasi terpadu dan aplikasi kritik dan laporan (koran) InsyaAllaah akan dilounching bersamaan dengan pelaksanaan Rapat Kerja UNKHAIR pada tanggal, 19 maret 2018.

Selain memperkenalkan Aplikasi yang akan digunakan oleh Universitas Khairun Rektor Universitas Khairun memperkenalkan sejumlah Dosen yang telah selesai menempuh pendidikan starata tiga (S3), Dosen yang bergelar Doktor pada tahun ajaran 2017/2018 bertambah 10 orang yaitu dari Fakultas Pertanian, Dr. Ir Tri Mulya Hartati, MP, Dr. Sundari, S.Pd., M.Pd, Dr. Nasrun Balulu, S.Pd., M.Si dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Dr. Sudarman Samad, S.T., M.T, Dr. Raudha Hakim, S.T., M.T, Dr. Sabaruddin, S.T., M.T, Dr. Nurmayasa Marsaoly, S.T., M.T dari Fakultas Teknik, Dr. Suddin M. Saleh Djumadil, S.S., M.Hum dari Fakultas Ilmu Budaya dan Dr. Abdullah W. Jabid, S.E., M.Si, Dr. Ida Hidayanti, SE., M.Si dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Dari data ini menunjukan dosen yang bergelar Doktor di Unkhair telah mencapai 106 orang. Gelar akademis ini tentunya menuntut saudara-saudari sekalian agar lebih kreatif, inovatif demi kemajuan UNKHAIR serta dapat mempertanggungjawabkan kompetensi keilmuan kepada masyarakat Maluku Utara pada khususnya. Tentu capaian yang telah kami sampaikan masih banyak kekurangan yang perlu dibenahi. Karena rencana selanjutnya yang akan diperjuangkan adalah menjadikan Univ. Khairun sebagai Badan Layanan Umum (BLU). Hal ini tentu saja membutuhkan kerja keras seluruh civitas akademika dan dukungan dari semua pihak. Untuk   mencapai   cita-cita   tersebut,   perlu dilakukan langkah-langkah yang sistematis, terencana dan berkelanjutan, dalam upaya memperbaiki dan meningkatkan mutu pelayanan administrasi dalam menunjang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan. Pada akhirnya akan menjadikan Universitas Khairun sebagai universitas terbaik di Indonesia Timur.

Menutup sambutannya Rektor Universitas Khairun Prof.Dr. Husen Alting,SH.MH menyampaikan terima kasih kepada Bapak dan Ibu orang tua wali wisudawan/wisudawati, atas kepercayaannya kepada kami dalam mendidik dan membekali putra-putri Bapak dan Ibu sekalian. Kepada wisudawan/wisudawati yang kami banggakan, kami  titipkan  nama  baik Universitas Khairun di pundak wisudawan/wisudawati, semoga dalam berkarya nantinya selalu menjunjung tinggi nilai-nilai akademik dan menjadi duta-duta terbaik yang rahmatan lil ‘alamin di mana pun wisudawan/wisudawati berkarir.  Terima kasih yang sama kami sampaikan kepada ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Khairun Dr. H. Burhan Abdurahman, SH. MM atas dukungan yang selama ini diberikan. Secara Khusus, kami sampaikan terima kasih kepada saudara Dr. Iis Hamsir Ayub Wahab, S.T., M.Eng yang berkenaan menyampaikan orasi lmiah pada wisuda kali ini.

Akhir kata semoga Allah SWT senantiasa membimbing kita bersama untuk terus melaksanakan amanah-Nya. Demikian, terima kasih atas segala perhatian dan mohon maaf atas segala kekurangan Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Comments

comments