Rektor Tanda Tangan MOU Dengan PT. BNI (Persero) TBK

Unkhair.ac.id. Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara PT. Bank Negara Indonesia (Persero)TBK dengan Universitas Khairun berlangsung di ruang pertemuan lantai 3 Gedung Rektorat Universitas Khairun jalan Jusuf Abdurahman Gambesi Ternate (Selasa, 6 Maret 2018). Pertemuan ini dihadiri oleh Rektor Prof. Dr. Husen Alting SH.MH beserta para Wakil Rektor, Para Dekan, Direktur Pascasarjana, Tim IT Ukhair.  Untuk pihak PT.Bank Negara Indonesia hadir dalam kesempatan ini Kepala Bank BNI Cabang Maluku Utara Bpk. Agus Soelaiman beserta para wakil dan karyawan PT. Bank Negara Indonesia.  Kegiatan MOU dengan tema “Student Payment Centre Host To Host” ini sangat berguna serta membantu mahasiswa dalam melakukan transaksi pembayaran biaya kuliah, untuk diketahui selama ini pembayaran uang kuliah masih menggunakan pembayaran dengan sistem manual transaksi, dengan sistem pembayaran online ini setiap mahasiswa dapat dengan mudah melakukan transaksi pembayaran di bank yang ditunjuk oleh pihak kampus.

Dalam sambutannya Rektor mengatakan keinginan ini sudah cukup lama disampaikan kepada pihak Bank, baru kali ini dapat terealisasikan, alhamdulillah sistem sudah bisa kita manfaatkan sehingga pak Agus (kepala cabang BNI Maluku Utara) mengatakan ke saya sebelum dimanfaatkan sistem ini harus tanda tangan dulu MOU agar ada dasar hukumnya untuk digunakan pihak kampus, lanjut Rektor bahwa mahasiswa sudah tidak lagi antri untuk registrasi akademik, jadi ketika mahasiswa membayar di Bank (BNI) dengan sistem ATM atau langsung di kantor BNI terdekat atau sistem internet banking maka mahasiswa yang bersangkutan sudah bisa mengakses sitem SIMAK yang dimiliki Unkhair. Dengan sistem ini mempermudah bagian keuangan dan bagian akademik untuk mengetahui seberapa banyak mahasiswa yang telah melakukan pembayaran dan bertransaksi mata kuliah untuk jadwal perkuliahan semester selanjutnya, sistem ini akan muncul jumlah yang sama antara mahasiswa yang mendaftar program perkuliahan dengan jumlah mahasiswa yang membayar di bank ucap Rektor dalam sambutannya, selama ini menurut laporan dari Wakil Rektor I bidang Akademik, terdapat selisih jumlah mahasiswa yang melakukan pendaftaran SIMAK dengan Registrasi  yang tercatat di Biro Akademik dan Registrasi di Fakultas.

Kedepan dengan sistem yang ada maka tidak ada lagi selisih yang terjadi antara SIMAK dengan jumlah mahasiswa yang registrasi di biro akademik dan fakultas, jika mahasiswa telah membayar secara otomatis namanya akan tercatat di SIMAK dan nama mahasiswa tersebut akan muncul di absensi perkuliahan, sistem satu data ini akan mencegah mereka yang tidak terdaftar untuk ikut perkuliahan.

Setelah sistem pembayaran ini diluncurkan akan disosialisasikan ke semua fakultas dan khususnya program studi dan seluruh mahasiswa tata cara pembayaran sistem online ini, kedepan sistem ini akan ditingkatkan lagi untuk menuju ke sistem yang lebih baik lagi dan sistem pembayaran ini akan diterapkan pada mahasiswa baru periode tahun 2018 untuk mahasiswa lainnya akan disesuaikan pada semester ganjil mendatang.

Diakhir sambutannya pak Rektor menyampaikan terima kasih kepada pak Agus beserta pihak BNI yang telah banyak membantu meningkatkan sistem pembayaran online, dengan sistem ini dapat membantu serta mendukung Universitas dalam pengusulan Badan Layanan Umum.

Selanjunya Pimpinan cabang PT.BNI bapak Agus Soelaiman memberikan sambutannya beliau berterima kasih telah terkoneksinya antara sistem yang ada di Universitas Khairun dengan sistem pembayaran yang ada di BNI, dengan sistem ini juga dapat meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa, dengan spirit yang sama (pelayanan kepada mahasiswa dan masyarakat) ini akan lebih meningkatkan hubungan antara pihak Unkhair dengan BNI, Pihak BNI sendiri akan menyesuaikan sistem yang ada di Unkhair dengan tidak menyalahi aturan yang berlaku di Otoritas Jasa Keuangan dan aturan yang berlaku di internal BNI dan Bank Indonesia.

Pelayanan keuangan ini terikat dengan ketentuan kedua institusi, lanjut pak Agus kalo ada perubahan sistem dan keinginan dari pihak kampus, kami pihak BNI akan menerima dengan terbuka dengan duduk bersama untuk membicarakan dan merancang perubahan yang diinginkan bersama. Kita tidak akan mempunyai sistem yang sempurna jika kita tidak memulainya, untuk mendapatkan sistem yang bagus harus ada perubahan dan uji coba yang membutuhkan waktu, kami pihak BNI akan suport dalam kegiatan sosialisasi nanti, kami akan mensosialisasi di kabupaten kota yang berada diwilayah Maluku Utara ungkap pak Agus dalam sambutannya, BNI akan berusaha menuju bank digital, BNI telah bekerjasama dengan Universitas Universitas di pulau Jawa untuk itu kami akan bersusaha untuk keberhasilan yang telah dirasakan oleh Universitas lain akan sama dengan Universitas Khairun, diakhir sambutannya pak Agus menyampaikan terima kasih kepada pihak Universitas Khairun yang telah memilih Bank Negara Indonesia sebagai bank negara anak negeri.

Acara penandatangan MOU ini diakhiri dengan ucapan selamat ulang tahun untuk pak Rektor dari pihak Bank Negara Indonesia, pak Rektor mendapat kejutan dengan tumpeng dan kue ulang tahun langsung diberikan oleh Ibu Rektor, kepala cabang BNI Bpk Agus Soelaiman mengucapkan selamat ulang tahun ke 46 kepada pak Rektor Prof. Dr. Husen Alting, SH.MH Semoga selalu sehat dan sukses dalam memimpin Universitas Khairun, ucapan terima kasih dari pak Rektor kepada pak Agus dan seluruh Staff /Karyawan PT.Bank Negara Indonesia yang telah hadir dalam hari yang bahagia ini. Yaumil Milad Pak Prof. Dr. Husen Alting,SH.MH  sehat selalu bersama keluarga dan sivitas akademika Universitas Khairun.

 

 

Humas Unkhair

Comments

comments