Unkhair Akan Terima 3700 Calon Mahasiswa di SN-SB MPTN 2018

Unkhair.ac.id. Universitas Khairun melakukan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru, sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) untuk tahun 2018 telah dimulai di sepuluh kabupaten kota yang berada di provinsi Maluku Utara, berikut jadwal yang dihimpun oleh humas Universitas Khairun ;

  1. Kota Ternate tanggal 24 Februari 2018
  2. Kota Tidore Kepulauan tanggal 21 s/d 22 Februari 2018
  3. Kabupaten Halmahera Barat tanggal 17 s/d 19 Februari 2018.
  4. Kabupaten Halmahera Selatan tanggal 14 s/d 16 Februari 2018.
  5. Kabupaten Halmahera Timur tanggal 14 s/d 16 Februari 2018.
  6. Kabupaten Halmahera Tengah tanggal 14 s/d 16 Februari 2018
  7. Kabupaten Halmahera Utara tanggal 16 s/d 18 Februari 2018.
  8. Kabupaten Pulau Morotai tanggal 12 s/d 15 Februari 2018.
  9. Kabupaten Kepulauan Sula tanggal 8 s/d 11 Februari 2018.
  10. Kabupaten Pulau Taliabu tanggal 8 s/d 12 Februari 2018.

Di Kabupaten Pulau Morotai sosialisasi dilakukan oleh Dr.Ridha Ajam,M.Hum, Rudi Laduna,SE,S.AKT, M.SA, Yusri Sapsuha,S.PT.M.Sc dan Suratin,SH. Kegiatan ini dilaksanakan di  Aula SMA Negeri 1 Pulau Morotai, hadir dalam kesempatan siswa siwsi SMA dan perwakilan guru se pulau morotai, Sosialisasi dimulai oleh Bpk Dr.Ridha Ajam,M.Hum, beliau menyampaikan cara mengikuti SNMPTN yakni persyaratan memiliki prestasi unggul, memiliki NISN dan terdaftar di PDSS dan memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 5 yang telah diisikan di PDSS. Untuk Sekolah harus mempunyai NPSN dan telah mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Lanjut beliau untuk persyaratan khusus sbmptn 2018 adalah Siswa lulusan tahun 2016 dan 2017 harus sudah memiliki ijazah, Bagi siswa lulusan tahun 2018 telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan dengan dibubuhi cap stempel yang sah, Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi. Semua pendaftaran bisa menggunakan alat komunikasi hand phone dengan sistem android yang banyak tersedia dipasaran.

SNMPTN tidak melaksanakan test masuk perguruan tinggi negeri, peserta hanya mengupload nilai rapor semester 1 s.d 5. Untuk pendaftaran SBMPTN dapat dilakukan apabila pendaftar yang tidak lulus di SNMPTN, selanjutnya peserta SBMPTN akan dilakukan test masuk perguruan tinggi negeri.

Seleksi dan alokasi daya tampung SNMPTN MINIMAL 30 % kuota daya tampung setiap prodi di PTN. Berdasarkan HASIL PENELUSURAN PRESTASI DAN PORTOFOLIO AKADEMIK Persyaratan sekolah ; Akreditasi A : 50 % terbaik di sekolahnya; Akerditasi B : 30 % terbaik di sekolahnya; Akreditasi C : 10% terbaik di sekolahnya; Akreditasi lainnya : 5% terbaik di sekolahnya, Jadi untuk Universitas Khairun akan menerima sekitar 2700 lebih calon mahasiswa untuk tahun 2018 kata Dr. Ridha Ajam,M.Hum lanjut beliau untuk Seleksi dan alokasi daya tampung SBMPTN MINIMAL 30 % kuota daya tampung setiap prodi di PTN jadi Universitas Khairun akan menerima sekitar 1000.

Universitas Khairun menyediakan jalur masuk kuliah, jalur ini disebut dengan jalur mandiri, kesempatan ini dibuka hanya untuk pendaftar atau calon mahasiswa yang telah mendaftar di SNMPTN dan SBMPTN namun tidak lulus dikedua jalur tersebut, bagi pendaftar yang tidak ikut dalam seleksi SNMPTN dan SBMPTN tidak dapat ikut mendaftar atau ikut seleksi pada jalur mandiri.

Selanjutnya Bpk Rudi Laduna,SE,S.Akt.M.SA mennyampaikan materi tentang proses mendaftar dan tanggal tanggal penting dalam pendaftaran nanti.

Kerangka waktu SNMPTN :

Pengisian dan Verifikasi PDSS   tanggal 13 Januari -10 Februari 2018

Pendaftaran SNMPTN 2018 tanggal 21 Februari – 6 Maret 2018

Pengumuman Hasil Seleksi SNMPTN 2018 tanggal 17 April 2018

Pendaftaran Ulang Peserta yang Lulus SNMPTN tanggal 8 Mei 2018(Bersamaan Ujian Tulis SBMPTN)

Kerangka waktu SBMPTN :

Pendaftaran Online tanggal 05 – 27 April 2018

Ujian Tulis (UTBC/UTBK) Bersamaan dengan Daftar Ulang SNMPT tanggal 08 Mei 2018

Ujian Keterampilan tanggal 09 – 11 Mei 2018

Pengumuman Kelulusan (Pukul 17.00 WIB) pada tanggal 3 Juli 2018.

Dalam pelaksanaan pendaftaran SNMPTN tidak dipunggut biaya namun pada pendaftaran untuk SBMPTN dipunggut biaya pendaftaran Rp.200.000,-.

Untuk peserta pelamar bidik misi, Siswa pendaftar dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan Bidikmisi, Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran program Bidikmisi melalui laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu harus mendaftar ke laman laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.

Waktu pendaftaran siswa diharapkan mengisi form nomor telepon atau nomor handphone yang bisa dihubungi agar waktu pengumuman hasil test akan di sms kepada nomor yang bersangkutan ungkap mantan Kepala Biro Akademik saat sosialisasi di SMA Negeri 1 Morotai.

 

Penerimaan mahasiswa baru harus memenuhi prinsip adil, akuntabel, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tidak membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa serta tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan perguruan tinggi. Perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan, setelah pendidikan menengah, menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di perguruan tinggi tepat waktu. Siswa yang berprestasi tinggi dan konsisten menunjukkan prestasinya di SMA/SMK/MA layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa melalui SNMPTN.

Dalam kerangka integrasi pendidikan menengah dengan pendidikan tinggi, sekolah diberi peran dalam proses seleksi SNMPTN dengan asumsi bahwa sekolah sebagai satuan pendidikan dan guru sebagai pendidik selalu menjunjung tinggi kehormatan dan kejujuran sebagai bagian dari prinsip pendidikan karakter. Oleh karena itu, sekolah berkewajiban mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dengan lengkap dan benar serta mendorong dan mendukung siswa dalam proses mendaftar. PDSS merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa yang dijadikan sumber utama data SNMPTN.

Tujuan SNMPTN adalah memberikan kesempatan kepada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Madrasah Aliyah (MA), atau yang sederajat di dalam dan luar negeri (Sekolah Republik Indonesia/SRI) yang memiliki prestasi unggul untuk menempuh pendidikan tinggi di Perguruan Tinggi Negeri , memberikan peluang kepada PTN untuk mendapatkan calon mahasiswa baru yang mempunyai prestasi akademik tinggi.

SNMPTN merupakan jalur seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi

SMA/MA/SMK yang masa belajarnya 3 (tiga) tahun ATAU semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK yang masa belajarnya 4 (empat) tahun, serta Portofolio Akademik. Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa.

Sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN harus memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS. Siswa yang berhak mengikuti SNMPTN adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul, dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS. Siswa yang akan mendaftar SNMPTN wajib membaca informasi di website PTN yang dipilih tentang ketentuan yang terkait penerimaan

Mahasiswa Baru.

 

 

 

 

Humas Unkhair

Please follow and like us:
20

Comments

comments

Top

Enjoy this blog? Please spread the word :)

RSS
https://www.facebook.com/Universitas-Khairun-196552343866215/
https://www.facebook.com/Universitas-Khairun-196552343866215/
https://www.instagram.com/universitaskhairun