Rektor Unkhair Tanda Tangan MOU dengan Pemerintah Kota Ternate

Penandatangan Nota Kesepakatan antara Pemerintah Kota Ternate Bidang Ketenagakerjaan dengan Universitas Khairun, berlangsung di gedung Duafa Center Kota Ternate  ( Senin 12 Februari 2018), kegiatan ini dihadiri oleh Wali Kota Ternate, Kepala SKPD Sekota Ternate, Kapolres Ternate dan Forkompimda Kota Ternate. Untuk pihak Universitas Khairun hadir dalam kesempatan ini adalah Rektor Unkhair Prof. Dr. Husen Alting, SH.MH bersama wakil Rektor III bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan Bpk. Syawal Abdulajid,SH.MH beserta Kabag Perencanaan dan Subbag Kerjasama, dalam kesempatan ini hadir pula rombongan dari Kementerian Ketenagakerjaan RI.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Dr. Jusuf Sunya menyampaikan agenda Jop Fair ini adalah agenda rutin untuk membantu para pencari kerja mendapatkan kesempatan untuk bekerja di Maluku Utara khususnya Kota Ternate, agenda ini juga berfungsi memberikan informasi kapada semua pencari kerja. Kerjasa sama dengan Unkhair diharapkan dapat membantu memberikan pelayanan konseling bagi pencari kerja agar dapat memahami minat dan bakat dalam mencari kerja. Lanjut beliau ada 3000 lebih pencari kerja yang datang pada kegiatan Jop Fair ini dan 33 perusahaan telah membuka lowongan kerja dengan 552 jabatan pada perusahaan yang ikut dalam kegiatan ini.

Dalam sambutannya Rektor Universitas Khairun Prof. Dr. Husen Alting,SH.MH menyampaikan bahwa dalam mengatasi tingginya angka pengangguran dan kemiskinan di Maluku Utara, hari ini kita mendapatkan harapan dengan dilaksanakan pameran bursa kerja, momen ini diharapkan menjadi solusi bagaimana mengatasi tingginya tingkat pengangguran di Maluku Utara. Kerjasama antara pemerintah daerah Kota Ternate dan Universitas Khairun pada kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pembangunan ekonomi daerah dan pelayanan public, mewujudkan sinergi dalam pelaksanaan pembangunan daerah dalam pemanfaatan potensi daerah serta membeikan informasi dan pengetahuan mengenai peningkatan sumber daya manusia.

Beliau juga menyampaikan tentang tingginya tingkat pengangguran di Maluku utara disebabkan oleh beberapa faktor antara lain ; Pertama, angka kerja yang tidak seimbang dengan kesempatan kerja, atau minimnya lapangan kerja. Kedua, ketidakpastian antara tingkat pendidikan oleh perekrut tenaga kerja dan pencari kerja. Ketiga, ketrampilan SDM, faktor ini mendorong tenaga kerja daerah lain masuk dan memperoleh kesempatan kerja di Maluku Utara.

Gambaran kualitas dan kuantitas serta kendala-kenadala SDM yang pada pameran hari ini akan menjadi bahan evaluasi oleh Unkhair sebagai salah satu institusi perguruan tinggi yang mencetak SDM di Maluku Utara, dengan adanya kerjasama ini maka Unkhair akan membantu melakukan sosialisasi kepada pencari kerja mengenai makasud dan tujuan penyelenggaraan kegitan ini. Selain itu melakukan pendampingan dan penyuluhan kepada para pencari kerja dan siswa sekolah/perguruan tinggi, sehingga para pencari kerja memahami bakat, minat dan kemapuan dirinya untuk kemudian diarahkan mencari bidang pekerjaan yang sesuai dengan potensi dirinya.

Pada kesempatan itu Rektor Universitas Khairun menyampaikan terima kasih yang sebesar besarnya kepada Walikota Kota Ternate dan Kepala Dinas Tenaga Kerja yang telah memberikan kepercayaan kerjasama kegiatan ini kepada Universitas Khairun.

Walikota Ternate Dr. Burhan Abdulrahman,SH.MH dalam sambutannya beliau mengatakan kerjasama antara Universitas Khairun dengan Pemerintah Kota Ternate bertujuan memberikan layanan konseling kepada pencari kerja, dengan dibukanya layanan konseling dapat mempermudah para pencari kerja untuk memilih pekerjaan yang tersedia pada kegiatan Jop Fair ini sedangkan kerjasama dengan Kepolisian RI dalam hal ini Polres Ternate bertujuan agar memberikan pelatihan pelatihan dasar kepada lulusan SMA/SMK dan Perguruan Tinggi agar dapat mempersiapkan diri lebih awal dalam menghadapi tes masuk sebagai anggota POLRI.

Selanjutnya Walikota Ternate didampingi Rektor dan Kapolres Ternate berkunjung ke 33 Stand perusahaan yang ikut dalam Jop Fair ini.

 

 

Humas Unkhair.

Please follow and like us:
20

Comments

comments

Top

Enjoy this blog? Please spread the word :)

RSS
https://www.facebook.com/Universitas-Khairun-196552343866215/
https://www.facebook.com/Universitas-Khairun-196552343866215/
https://www.instagram.com/universitaskhairun