150 Mahasiswa Peserta KKN Tematik Siap Membangun Desa

Unkhair. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)Universitas Khairun, melalui Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat (P2KM) gelar kegiatan pembekalan untuk mahasiswa peserta KKN Tematik (Selasa, 8 November 2022).

Pembekalan Peserta KKN Tematik kali ini bekerjasama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia. Pembekalan Peserta KKN Tematik kali ini bertajuk  “Pemberdayaan Masyarakat Desa pada Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi yang berkelanjutan dari Kegiatan Produksi Berbasis Desa.”

Sebanyak 150 mahasiswa ikut ambil bagian dari KKN Tematik. Peserta tersebut berasal dari semester V dan VII.  Sasaran dari KKN Tematik pada tahun ini adalah Desa dengan semboyan  Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu atau disebut dengan TEKAD.

Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Hasan Hamid, M.Si saat membuka acara mengatakan terima kasih kepada Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia yang telah bekerjasama dengan Universitas Khairun sehingga kegiatan ini dapat melibatkan mahasiswa Universitas Khairun.. Kegiatan KKN Tematik ini akan berlangsung kurang lebih sebulan dan adik adik mahasiswa akan berada di Desa. Hal ini sesua dengan misi yakni Kolaborasi membangun desa melalui kuliah kerja nyata tematik, tutur Hasan Hamid. Pada kesempatan itu Wakil Rektor Bidang Akademik Unkhair, Hasan Hamid menjelaskan berbagai program kegiatan yang digagas oleh Kementerian Desa PDTT.

Kepada mahasiswa, Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Hasan Hamid, M.Si berpesan agar dapat menyukseskan program kegiatan dari Kementerian Desa PDTT.  Dengan berkegiatan di desa para mahasiswa akan membawa nama baik almamater Universitas Khairun, untuk itu diharapkan agar selalu menjaga nama baik almamater dimanapun berada. Semoga kegiatan KKN Tematik dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa dan desa tempat kegiatan KKN Tematik berlangsung.

Ketua Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat (P2KM)Dr. Syawal Abdul Ajid, SH.MH yang juga sebagai ketua panitia pelaksanaan KKN Tematik menjelaskan kegiatan KKN Tematik kali ini akan menurunkan sebanyak 150 mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu. Mereka akan berkegiatan di desa desa pilihan. Program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu KKN tematik ini fokus pengembangan sumber daya manusia di desa dan peningkatan potensi ekonomi ada di desa itu dilakukan.

Dijelaskan lebih rinci lagi oleh Dr. Syawal Abdul ajid yakni setiap kabupaten ada 10 desa dan rata-rata per desa diturunkan sebanyak 5 mahasiswa. Kegiatan KKN Tematik ini akan berlangsung  selama satu bulan di desa pilihan.  Para mahasiswa diharapkan dapat memetakan, menggali potensi apa saja yang perlu dikembangkan di desa. Setelah itu para peserta KKN Tematik bersepakat dengan kades beserta perangkat memprioritaskan kira-kira program mana menjadi penting dan sangat mendesak untuk dilakukan dalam rangka pengembangan sumber daya maupun potensi desa.

Pembekalan peserta KKN Tematik berlangsung selama 2 hari, para peserta akan diberikan materi serta berbagai program kegiatan yang akan dilakukan di desa. Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Untuk diketahui semua pembiayaan KKN Tematik di desa akan dibiayai oleh Kementerian Desa, PDTT RI.  (Humas) Penulis Suratin/ Foto Fadli& Fai