12 Proposal Mahasiswa Unkhair Dapat Dana PKM Tahun 2020

Unkhair.ac.id. 12 Judul Proposal program kreativitas mahasiswa Universitas Khairun mendapat pendanaan dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan untuk Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2020.  Poposal mahasiswa yang lolos Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi untuk mendapatkan pendanaan adalah 4 judul proposal Mahasiswa dari Fakultas Perikanan dan Kelautan, 3 judul proposal dari Mahasiswa Fakultas Teknik, 3 judul proposal dari Mahasiswa Fakultas Pertanian dan 2 judul proposal Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Sesuai data yang kami terima mahasiswa yang mendapat kucuran dana adalah  Siti Nusaebah Gotola dengan judul proposal  “Ake Gosora” . Henro Priono dengan judul proposal ” Pupuk Biopond, Solusi Sampah Organik Pasar Tradisional”.  Amim Muhaimin dengan judul proposal “Taman Edukasi Wisata Ternak sebagai Bisnis Edukasi Wisata berbasis Teknologi Peternakan”. Yulianti Daiyan dengan judul proposal “”STOPOVER PLACE Plus” Untuk Meningkatkan Reseliensi Pengetahuan Siswa Pasca Bencana Di Desa Lemo-Lemo”. Muhammad Tirta Margono dengan judul proposal “Pemanfaatan Lahan Sempit untuk Budidaya Ikan Nila dengan Sistem Aquaponik untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Kelurahan Jambula”. Firman Nyimo dengan judul proposal “BIOMARKER HISTOLOGI BIOTA PERAIRAN SEBAGAI PERINGATAN PENCEMARAN NIKEL DIDESA LOLEBA DAN WAIJOI”.  Muhammad Haris Irham dengan judul proposal “DETEKSI KEMATANGAN BUAH PALA BERDASARKAN FITUR WARNA MENGGUNAKAN METODE TRANSFORMASI RUANG WARNA HUE INTENSITY SATURATION”. Taufik Badir dengan judul proposal “KAJIAN STATUS KESEHATAN IKAN KONSUMSI SEBAGAI PERINGATAN DINI (Early Warning) KOSISITAS MERKURI DIDESA ANGGAI”. Rusdi Sputra dengan judul proposal “Pemanfaatan Fly Ash dan Nickel Slag PT. Trimegah Bangun persada Dalam Pembuatan Paving Block Ramah Lingkungan”. Abdul Aziz Sahdi dengan judul proposal “Pemanfaatan Limbah Abu Batubara Sebagai Sumber Logam Tanah Jarang (LTJ)”. Srihartati Juin dengan judul proposal “Tepung Maggot sebagai Bahan Substitusi Protein pada Pakan Ikan Kakap Putih”. Risman Umaternate dengan judul proposal “ PERUBAHAN SOSIAL, EKONOMI DAN HASIL PERTANIAN SEBAGAI DAMPAK KEBERADAAN TAMBANG BIJIH BESI DI KECAMATAN LEDE, KABUPATEN PULAU TALIABU”.

Proposal peraih pendanaan wajib melaksanakan kegiatannya, namun pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini membawa pengaruh yang besar terhadap aktivitas dan kegiatan di kampus, pembatasan-pembatasan yang harus dilakukan untuk meminimalisir penyebaran virus. Pembatasan akses di ruang publik, pembatasan sarana transportasi, hingga pembatasan berkegiatan yang melibatkan banyak orang. Pembatasan-pembatasan tersebut mengubah aktivitas-aktivitas yang sebelumnya dilakukan secara luring menjadi daring atau online termasuk di dalamnya aktivitas PKM 5 bidang.

Program PKM 5 bidang yang seharusnya dilakukan secara luring seperti yang tertulis di dalam proposal harus mengalami penyesuaian karena adanya pembatasan-pembatasan dan protokol pada masa pandemi yang harus dipatuhi. Penyesuaian-penyesuaian ini tentu saja berdampak terhadap luaran atau output dari kegiatan tersebut karena durasi waktu yang sebelumnya dilaksanakan selama 4-5 bulan pada masa pandemi ini hanya dapat berjalan selama 2 bulan. Perubahan juga terjadi pada pelaksanaan PKM karena tidak dimungkinkannya interaksi fisik selama program berlangsung baik di antara anggota PKM maupun antara tim PKM dengan orang lain yang terlibat dalam pelaksanaan PKM.

Untuk kelancaran penyaluran dana, berikut kami sampaikan ketentuan penyaluran dana: 1. Penyaluran dana melalui kontrak kerja antara Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan dengan Perguruan Tinggi untuk pendanaan dari Perguruan Tinggi Negeri atau dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah untuk pendanaan dari Perguruan Tinggi Swasta 2. Dokumen Kontrak di unduh di tautan https://s.id/UnduhPendanaan5Bidang2020 3. Dokumen Kontrak yang telah ditandatangai diunggah ke tautan https://s.id/UnggahPendanaan5Bidang2020 paling lambat tanggal 11 Agustus 2020 4. Dokumen Kontrak fisik yang telah ditandatangai dikirim dan kami terima paling lambat tanggal 18 Agustus 2020 pukul 16:00 WIB di alamat Koordinator Kemahasiswaan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendiikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Gedung D Lantai 7, Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta 10270 (Perihal: Kontrak PKM 5 Bidang Tahun 2020).

Dengan adanya berbagai keterbatasan ini, luaran kegiatan dari yang sebelumnya merupakan physical based product kini berubah menjadi digital based product. Penyesuaian kegiatan PKM ini secara otomatis akan berpengaruh pada besaran pendanaan program sehingga perlu dilakukan restrukturisasi procurement menjadi lebih ringkas. diperlukan penyesuaian pedoman PKM yang telah ada yang sebelumnya dijadikan acuan dalam pembuatan proposal dengan cara melakukan optimalisasi pelasanaan PKM yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang sedang berlangsung saat ini. Meskipun demikian, ada faktor-faktor yang tidak boleh berubah dari program PKM ini yaitu penekanan pada nilai kreativitas dan validitas proses yang tetap harus dijaga dan dilaksanakan sebagaimana mestinya. Dalam situasi yang penuh keterbatasan ini, kegiatan PKM 2020 dan Pekan Ilmiah Mahasiswa 2020 akan tetap dilaksanakan dengan harapan mampu menjaga komitmen dan semangat mahasiswa yang selama ini sudah tumbuh melalui kegiatan PKM. *Humas

Please follow and like us:
error20

Comments

comments