Rektor Melantik Wakil Dekan, Wakil Direktur, Sekertaris Lembaga, SPI dan UPT Periode 2018 s/d 2022

Unkhair.ac.id. Rektor Universitas Khairun Prof. Dr. Husen Alting, SH.MH kembali melantik para wakil Dekan Bidang Akademik, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni di Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Teknik. Selanjutnya Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Wakil Direktur Bidang Umum dan Keuangan di Pacasarjana. Selanjutnya Sekertaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Sekertaris Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu, UPT Perpustakaan, UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi, UPT Bahasa, UPT Laboratorium Dasar Terpadu, UPT Pengembangan Karier dan Kewirausahaan. Selanjutnya Ketua dan Sekertaris Satuan Pengawasan Internal.  Pelantikan ini berlangsung pada Rabu (7/2/2018) di Aula Nuku – Gedung Rektorat Universitas Khairun Jalan Jusuf Abdulrahman- Gambesi Ternate. Pejabat terpilih akan menjalankan kepemimpinan di periode 2018 – 2022.

Pelantikan ditandai dengan pembacaan petikan keputusan Rektor Universitas Khairun nomor ; 178.179.180.181.182.183.184.185.186.187.188.189.190.191.192.193.194.195.196.197.198.199.200/UN44/KP./2018, tentang pengangkatan pejabat di lingkungan Universitas Khairun.

Pejabat Fakultas Hukum yang dilantik adalah Dr. Rusdin Alauddin, SH.MH sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik. Dahlai Hasim, SH.MH Sebagai Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan. Sophian Yahya Selajar,SH.MH Sebagai Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.

Pejabat Fakultas Ekonomi yang dilantik adalah Nurlaila, SE.M.Si sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik. Herman Darwis, SE.M.Si.Ak sebagai Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan. Nonce Hasan, Se.M.Si Sebagai Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.

Pejabat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang dilantik adalah Dr. Hasan Hamid, M.Pd sebagai Wakil Dekan bidang Akademik. Dr. Ade Haerullah,S.Pd.M.Pd Sebagai Wakil Dekan Bidang Umum Dan Keuangan. Dr. Zulkifli Zam Zam S.Si.M.Sc Sebagai Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.

Pejabat Fakultas Teknik yang dilantik adalah Dr. Sudarman Samad,ST.MT sebagai Wakil Dekan Bidang Akdemik. Dr. Iis Hamsir Ayub Wahab,ST.M.Eng sebagai wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan. Nani Nagu,ST.MT sebagai wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.

Pejabat Pascasarjana yang dilantik adalah Dr.Marwan, SE.M.Si sebagai Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan. Dr. Abdurahman Baksir,SPi.M.Si sebagai Wakil Direktur Bidang Umum dan Keuangan.

Pejabat LPPM yang dilantik adalah Dr. Mufti Amir Sultan,ST.MT sebagai sekertaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Pejabat LP3M yang dilantik adalah Rudi Laduna,SE.M.SA sebagai sekertaris Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu.

Pejabat UPT yang dilantik adalah Ety Duwila,SS.MA sebagai Kepala Perpustakaan Universitas Khairun. Muhammad Jamil,ST.MT sebagai Kepala Teknologi Informasi dan Komunikasi. Dr. Farida Maricar. M.Hum sebagai Kepala UPT Bahasa. Dr. Muhammad Amin, S.Si.M.Eng. sebagai Kepala UPT Laboratorium Dasar dan Terpadu. Muhammad Iqbal M.Aris Ali, SE.S.Pso.M.SA.Ak sebagai Kepala UPT Pengembangan Karir dan Kewirausahaan.

Pejabat Satuan Pengawasan Internal yang dilantik adalah Karmila Ibrahim,SP.M.Sc sebagai Ketua SPI Unkhair dan Dwi Yana Amalia SE.M.Si sebagai Sekertaris SPI Universitas Khairun.

Setelah melantik para pejabat,  Rektor Universitas Khairun menyampaikan sambutannya, beliau mengatakan “wakil Dekan, Asdir, Sekretaris lembaga, SPI dan UPT  merupakan ujung tombak dalam sistem pengelolaan pendidikan tinggi dan memiliki peran stategis bagi pencapaian keberhasilan dalam menciptakan kualitas dan mutu pelayanan akademik dan administrasi secara berkelanjutan. Hal ini merupakan bagian penting dari aspek yang dijadikan komponen dalam sistem penilaian (assessment) akreditasi yang menjadi roh bagi setiap penyelenggaraan lembaga pendidikan terutama pendidikan tinggi. Semua unit harus dapat berkolaborasi dalam penyelenggaraan pendidikan dengan fokus utama peningkatan akreditas program studi menuju pada akreditasi institusi yang lebi baik” ucap Rektor.

Selanjutnya  masih dalam sambutan Rektor, beliau meminta perhatian kepada Para wakil Dekan, Asdir, Sekretaris lembaga, SPI dan UPT  untuk memperhatikan hal-hal antara lain:

  • Membangun kebersamaan untuk menciptakan iklim dan budaya akademik yang kondusif.
  • Mengawasi penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi;
  • Menyusun laporan kinerja bidang sebagai pertanggung jawaban pelaksanaan tugas setiap tahun dalam periode jabatan.
  • Peningkatan akreditasi program studi dari C menjadi B dan dari Akreditasi Baik menjadi unggul (A);
  • Melakukan koordinasi untuk melaksanakan perencanaan anggaran serta merealisasi anggaran tahun berjalan sesuai dengan ketentuan dan mekansime (Serapan tinggi dan tepat waktu).
  • Membantu untuk melaksanakan pengusulan Unkhair Sebagai badan layanan Umum (BLU).
  • Membangun kedisiplinan dosen dan staf dalam melaksanakan tugas dan fungsi dalam pelaksanaan pembelajaran.
  • Melakukan pembinaan kepegawaian dalam lingkungan fakultas;
  • Melakukan pembinaan administrasi umum dan organisasi tata laksana, keuangan dan kepegawaian yang dilakukan oleh Sub-Bagian;
  • Melakukan Penataan dan Pemanfaatan Aset dan Barang dalam lingkup Fakultas;
  • Menciptakan hubungan mahaisswa dan lembaga kemahasiswaan secara harmonis sebagai mitra bersama;
  • Menetapkan rencana dan jadwal kerja bidang kemahasiswaan yang akan dijalankan.
  • Mengadakan pembimbingan kepada organisasi kemahasiswaan dalam penyelenggaraan program dan kegiatan.
  • Proaktif dalam pengembangan minat dan bakat serta kompetensi akademik mahasiswa sehingga dapat memperoleh prestasi pada tingkat Nasional dan Internasional.
  • Menindaklanjuti pengaduan mahasiswa terkait layanan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Membantu ketua dalam rangka melaksanakan rencana dan program kerja lembaga.
  • UPT Perpustakaan mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan perpustakaan.
  • UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi mempunyai tugas melaksanakan pengembangan, pengelolaan, dan pelayanan teknologi informasi dan komunikasi serta pengelolaan system informasi dan jaringan.
  • UPT Bahasa mempunyai tugas melaksanakan pengembangan pembelajaran, peningkatan kemampuan, dan pelayanan uji kemampuan bahasa.
  • UPT Laboratorium Dasar dan Terpadu mempunyai tugas melaksanakan layanan laboratorium untuk program pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat secara terpadu.
  • UPT Pengembangan Karir dan Kewirausahaan mempunyai tugas melaksanakan pengembangan karir dan kewirausahaan mahasiswa.

Selanjutnya Rektor juga mengingatkan kembali adanya kewajiban yang terdapat dalam pasal 117 Permenristekdikti No 37 tahun 2017 tentang OTK yang menegaskan bahwa  Setiap pimpinan satuan organisasi di lingkungan Unkhair dalam melaksanakan tugasnya wajib:

  1. menerapkan prinsip koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi, baik di lingkungan masing-masing satuan organisasi di lingkungan Unkhair maupun dengan instansi lain di luar Unkhair sesuai dengan tugasnya masing-masing;
  2. mengawasi bawahan masing-masing dan apabila terjadi penyimpangan supaya mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  3. mengikuti, mematuhi petunjuk, dan bertanggung jawab kepada atasan masing-masing;
  4. menyampaikan laporan berkala tepat pada waktunya;
  5. bertanggung jawab memimpin dan melakukan koordinasi dengan bawahan masing-masing dan memberikan bimbingan serta petunjuk bagi pelaksanaan tugas bawahan;
  6. menyusun dan mengembangkan kebijakan, program, serta kegiatan berdasarkan rencana strategis yang telah ditetapkan dengan menerapkan asas pemerintahan yang efektif, efisien, bersih, dan akuntabel.

Pada bagian akhir dari sambutan ini, Rektor mengingatkan kepada semua pejabatan dalam lingkungan Universitas Khairun, kita perlu kekerja sekuat tenaga melalui peningkatan kemampuan menjabarkan kebijakan pimpinan, penguasaan bidang tugas serta kepekaan mengidentifikasi masalah dan memecahkan masalah dengan baik, cepat dan tepat dan kemampuan melakukan tindakan antisipatif terkait dengan tugas dan tanggungjawab.

Berkaca dari pengalaman tahun sebelumnya, terhadap realisasi anggaran, capaianya masih sangat rendah terutama pada kegiatan yang non sarana dan prasarana. Untuk itu kami mengharapkan para pimpinan termasuk para pejabat yang baru dilantik untuk dapat fokus dan berkoordinasi guna menyiapkan data yang diperlukan dalam proses tersebut.

Kepada pejabat yang baru dilantik kami sampaikan ucapan selamat kepada saudara dan keluarga atas prestasi, pengabdian dan jabatan yang dipercayakan kepada saudara, teriring doa dan harapan saudara dapat melaksanakan amanah yang diletakan tugas dan tanggungjawab yang dilandasi komitmen, integrtas pengabdian dan loyalitas untuk memajukan lembaga/unit yang saudara pimpian.

Kepada pejabat yang telah mengakhir masa jabatan/tugasnya, atas nama keluarga besar Universitas Khairun dan pimpinan menyampaikan terima kasih atas jasa dan kerja kerasnya.   Saudara telah memberikan kontribusi dalam proses penyelenggaraan institusi dalam rangka memajukan Unkhair. Pengabdian saudara akan selalu dikenang dan tentunya kita berharap dengan berakhirnya tugas tambahan saudara, akan melahirkan karya akademik bagi pengembangan kualitas pendidikan di Unkhair sebagaimana moto Maju bersama dengan ilmu, untuk menuju pada universitas Unggul, Berkualitas dan Kredibel.

Setelah menyampai sambutannya Rektor menginstrusikan penggunaan nama jalan di kop surat  dengan menggunakan nama jalan “Jusuf Abdulrahman” di lingkup Unkhair kampus II Gambesi. Dengan demikian nama jalan yang tadinya Kampus II Jalan Raya Gambesi digantikan menjadi Jalan Jusuf Abdulrahman – Gambesi Ternate.

 

 

Humas Unkhair.

Comments

comments