Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tirta Segara memberikan kuliah umum

Bertempat  Aula Nuku lantai 4  gedung Rektorat Universitas Khairun berlangsung kuliah umum oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan pemateri Bapak Tirta Segara, beliau adalah Komisioner OJK pusat, hadir dalam kegiatan ini Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama Dr.Said Hasan.M.Pd, Dekan Fakultas Teknik Ir. Ahmad Seng.MT , Kepala Kantor Perwakilan OJK Sulawesi,Maluku,Malut,Papua Bpk. Elyanus Pangsoda, Dosen Fakultas Ekonomi Bisnis dan ratusan mahasiswa dari fakultas Ekonomi dan Bisnis. Acara kuliah umum dibuka oleh Wakil Rektor IV Bpk. Dr. Said Hasan, M.Pd beliau menyampaikan selamat datang kepada Pak Tirta Segara atas kesempatan dalam meluangkan waktunya untuk memberikan kuliah umum di Universitas Khairun.

Dalam materinya Pak Tirta Segara menyampaikan industri jasa keuangan Indonesia memiliki peran yang penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi melalui intermediasi keuangan. Peran jasa keuangan seperti bank, pasar uang, pasar modal dan lembaga non bank lainnya banyak memberikan andilnya untuk pembangunan, dalam melaksanakan tugasnya lembaga perbankan dan jasa keuangan lainnya di awasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, pengawasan dilakukan agar memberikan perlindungan kepada konsumen yang berkaitan langsung dengan jasa keuangan tersebut.

Tantangan pada industri  jasa keuangan diantaranya adalah daya saing sektor jasa keuangan Indonesia masih rendah dibandingkan dengan kawasan regional (asia).  Masih terbatasnya pembiayaan pembangunan infrastruktur di berbagai wilayah. Maraknya penawaran investasi illegal yang merugikan masyarakat.

Banyaknya pengusaha pemula yang belum berpengalaman dalam menjalankan bisnisnya berani mengambil pinjaman/kredit di jasa keuangan perbankan dengan memberikan anggunan, ini diakibatkan kurangnya mendapat pelatihan pelatihan dalam melakukan usaha usaha mikro.

Dengan tiga misi utama Mengatur, Mengawasi dan Melindungi Otoritas jasa keuangan sendiri melakukan pengawasan terhadap dana 16 Triliun di berbagai bank maupun jasa keuangan lainnya.

Untuk perlindungan konsumen OJK membuka kontak Center 157.

 

 

Humas Unkhair

Comments

comments