Rektor temui Mahasiswa Pemenang Festival Film Pendek ( KALASE )

Unkhair.ac.id. Setelah memenangkan perlombaan festival Film Pendek Kemaritiman 2017 dengan menyisihkan 700 peserta dan 400 film dari seluruh Indonesia, mahasiswa dari fakultas Teknik ini datang menemui Rektor dengan membawa Juara 1. Sambutan hangat terjalin selama pertemuan yang berlangsung di ruang Rektor L4.3 gedung Rektorat Universitas Khairun.

Dalam pertemuan ini di hadiri oleh 5 mahasiswa Arsitektur Unkhair, Tri Utami Samiun (Sutradara), Nur Rizky Hardy (Penulis Skenario), Sjabarudin Ismail (Penyunting Kamera), M. Halfin Ibrahim (Editor dan Kameraman) dan Harfandy Gafur (editor). Sutradara film ini menceritakan awal mulanya sampai terproduksi film ini, mulai dari ikut workshop di Bali dan terus mencari informasi dari berbagai website resmi diberbagai departemen dan instansi /lembaga resmi negara. Ide cerita ini oleh Nur Rizky si penulis skenario didapat dari cerita masyarakat Pulau Hiri wilayah Kota Ternate. Masyarakat ini umum berprofesi sebagai nelayan, ketertarikan ini membuat Tri Utami Samiun dan Nur Rizky mengangkat tema atau judul “KALASE” dalam pembuatan film ini.

Kalase sendiri adalah sebuah alat penangkap ikan seperti jaring tangkap ikan yang banyak digunakan oleh para nelayan, karena jaring ini dapat menangkap ikan yang berukuran kecil maupun besar, kalase ini juga dapat merusak terumbu karang tempat ikan hidup dan berkembang biak, oleh sebab itu kalase dilarang dalam penggunaannya, tutur si pemeran pak Guru Salman dalam actingnya.

Biaya produksi dalam pembuatan film ini didapat dari kegiatan bazar dan patungan dari masing masing tim dan kawan kawan mahasiswa di program studi Arsitek Universitas Khairun.

Proses syuting sampai dengan editing film ini selama 1 minggu, menariknya lagi mereka menggunakan alat/kamera yang sangat sederhana. Dengan niat awal hanya ingin mengenalkan kehidupan masyarakat nelayan Pulau Hiri dan didukung dengan komitmen tinggi akhirnya mereka dapat menjuarai lomba festival film pendek yang di selenggarakan oleh Kementerian Kemaritiman. Banyak pujian dari juri mengenai peran para actor dalam film Kalase ini, terutama si anak yang sangat natural dalam berakting tutur Tri Utami Samiun sutradara film Kalase.

Akhir pertemuan ini Pak Rektor meminta tahun depan 2018 agar dapat melaksanakan kegiatan perlombaan film pendek  di lingkungan Universitas dengan tema atau isu yang berkaitan dengan pendidikan atau isu lainya yang dapat memotivasi anak muda agar dapat lebih berkreatifitas. Universitas akan membiayai seluruh kegiatan tersebut.

Hari ini 8 Desember 2017 Kelima Mahasiswa ini akan menemui masyarakat Pulau Hiri untuk mempersembahkan piagam penghargaan kepada nelayan Pulau Hiri.

 

Humas Unkhair

Comments

comments