Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. H. Abdul Hadi Sirat,SE.M.S

Rektor Universitas Khairun Prof.Dr.Husen Alting,SH.MH Kembali mengukuhkan gelar Guru Besar, kali ini gelar tersebut dikukuhkan kepada Dr. Abdul Hadi Sirat,SE.M.SI. dengan pengukuhan ini maka secara internal Fakultas Ekonomi dan Bisnis telah memiliki dua orang dengan gelar Profesor yakni Prof. Dr. Rusman Soleman,SE.M.Si.Ak dan Prof. Dr. H Abdul Hadi Sirat,SE.M.S. Acara pengukuhan dilaksanakan pada hari Selasa 28 November 2017 bertempat di Aula Nuku Gedung Rektorat Universitas Khairun. Hadir dalam acara ini pejabat Provinsi dan Kabupaten Kota Maluku Utara. Seluruh civitas akademika Universitas Khairun hadir dalam acara pengukuhan ini, turut dalam undangan pihak keluarga Bpk. Prof. Dr. H Abdul Hadi Sirat,SE.M.SI.

Dalam sambutannya Rektor Universitas Khairun mengatakan ; Prosesi pengukuhan hari ini menjadikan Profesor Abdul Hadi Sirat menjadi Guru Besar kelima setelah pengukuhan Guru Besar sebelumnya atas empat  orang dosen, masing-masing adalah Profesor Muhajir Marsaoly di bidang Perikanan dan Kelautan, Profesor Gufran Ali Ibrahim di bidang Antropolinguistik, Profesor Husen Alting di bidang Hukum Agraria dan Profesor Rusman Soleman di bidang Ekonomi, serta menjadi Profesor ke 2 pada Fakultas Ekonomi.  Untuk itu, kami berharap prosesi pengukuhan Guru Besar menjadi budaya akademik guna  memotivasi sekaligus menjadi tantangan bagi dosen lain untuk bekerja lebih giat dalam mencapai derajat pencapaian akademik tertinggi ini. Hari ini merupakan momen yang sangat penting bagi keluarga besar Universitas Khairun karena di penghujung tahun ini, telah bertambah satu orang Guru Besar di bidang ekonomi yakni saudara Prof. Dr, Hadi Sirat, SE., M.S. Melihat rekam jejak beliau dalam mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi  di  Universitas Khairun selama lebih dari 11 tahun, maka pencapaian dan penghormatan ini dirasakan layak untuk disematkan pada Prof. Abdul Hadi Sirat.

Jabatan professor atau guru besar menjadi idaman kaum akademisi, karena ia adalah jabatan fungsional tertinggi sebagai dosen di dunia kampus. Maka, dalam menjalani kariernya, setiap dosen akan selalu berupaya untuk menjadi profesor. Kendati demikian, pencapaian itu tidaklah semudah yang dibayangkan. Sejumlah persyaratan administrasi akademik, kompetensi keilmuan, konsistensi dalam mengemban tugas pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat serta menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran dan kemanusiaan menjadi sesuatu yang mutlak dipenuhi.

Dengan penambahan jumlah guru besar akan semakin meningkatkan peran dan fungsi perguruan tinggi. Sebagai bagian dari masyarakat, perguruan tinggi turut memegang peran keberlangsungan peradaban bangsa. Perguruan tinggi tidak sekadar berfungsi menghasilkan sarjana, master, maupun doktor, melainkan juga seorang guru besar, sebagai pendidik, sekaligus peneliti yang hasil penelitiannya ditunggu oleh masyarakat luas sebagai bagian dari wujud pengabdian.

Prof. Dr, Hadi Sirat, SE., M.S. dalam kata penutup orasi ilmiahnya menyampaikan ; Saya dapat berdiri di sini mengikuti pengukuhabn Guru BEsar adalah karena pengorbanan, didikan dan doa kedua orang tua saya yang telah tiada almarhumah Alwiyah Hi. Umar dan Almarhum Sirat Magori yang tidak dapat menyaksikan putranya mendapat anugerah dari Negara sebagai Guru Besar.

Sekilas Curriculum Vitae Prof. Dr. H Abdul Hadi Sirat,SE.M.SI. yang kami peroleh dari Bagian Kepegawaian Universitas :

 

Nama                                   : H. Abdul Hadi Sirat

Tempat Tgl Lahir               : Moari Busua, 08 Mei 1960

 

RIWAYAT PENDIDIKAN :

1966 -1973          : Sekolah Dasar Negeri Moari Busua

1973-1976           : SMEP Banau Ternate

1976-1980           : SMEA Negeri Ternate

1980 – 1984        : Sarjana Muda Jurusan Manajemen Perusahaan Fak

Ekonomi UMI Makassar

1984 – 1986         : Sarjana Jurusan Manajemen Fak. Ekonom UMI Makassar

1989-1992           : Magister Manajemen Sains (MS) UGM Yogyakarta

1999-2002           : Doktoral Ekonomi Manajemen (S3)  UNAIR Surabaya

Jabatan Akademik            : Guru Besar/Profesor

Pangkat Golobgan/ Ruang : Pembina Tingkat I/IVb

Alamat Kantor    : Fakultas Ekonomi Unkhair Kampus II Gambesi

Alamat Rumah    : Jl. Soa Puncak Kota Ternate Utara

Orang Tua                           :

Ayah                    :  Sirad Magori

Ibu                       : Alwiah Hi.  Umar

Istri                      : Hj. Hapsa Patty, SE.,MM

Anak                    : 1. Malisah Abdul Hadi, SE.,MM

  1. Ir. Mochammad Apriyadi Hadi sirad, ST, MT
  2. Bambang Triwahyudi Abdul Hadi, SH.,MH
  3. Novi Ariani Abdul Hadi, SE

Anak Mantu: 1. Rafiyudin, ST

  1. Irmasanti Fajrin, S.KEP

Cucu:                    1. Muhammad Rafli (Alief)

  1. Muhammad Fahreza (Reza)

 

 

Humas Unkhair : kehumasan.unkhair@gmail.com

Comments

comments