Pelatihan Teknis Pengelolaan Perpustakaan

Unkhair.ac.id. Unit Perpustakaan Universitas Khairun (23 November 2017) mengadakan pelatihan teknis pengelolaan perpustakaan, kegiatan ini berlangsung selama satu hari di gedung Rektorat lantai 4, peserta yang hadir dalam pelatihan ini adalah pengelolah perpustakaan Universitas Khairun dan pengelolah perpustakaan di 8 Fakultas. Selain dari kalangan universitas Khairun peserta dari Universitas Lain dan Sekolah Tinggi, Politeknik juga turut berpartisipasi, pihak panitia dari Perpustakaan Unkhair juga mengundang Komunitas Baca yang berada pada kelurahan di kota Ternate. Dari pihak pemerintah daerah hadir pula kepala Perpustakaan dan Arsip Provinsi Maluku Utara dan Kepala Perpustakaan dan Arsip Kota Ternate beserta pengelolah perpustakaan.

Pelatihan ini dibuka oleh Wakil Rektor II Bpk. Dr. Wahab Hasyim,M.Si, beliau menyampaikan perpustakaan tidak menghasilkan uang dan tidak mengelolah uang tapi perpustakaan menghasilkan generasi generasi emas yang mampu menjawab tantangan masa depan, guru yang baik adalah buku bagi siapa yang berkawan dengan buku akan mendapatkan ilmu yang baik.

Pemateri dalam kegiatan ini adalah Kepala Perpustakaan Nasional Bpk. Drs. Muh. Syarif Bando,MM dalam materinya beliau mengatakan ; Pengembangan Perpustakaan Desa Sebagai Penggerak Pembangunan Desa, UU No 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, pasal 12 ayat 2 menjelaskan bahwa perpustakaan merupakan urusan pemerintahan wajib yang tidak terkait dengan pelayanan dasar.UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa, penjelasan pasal 19 huruf b: yang dimaksud dengan kewenangan untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat desa yang telah dijalankan oleh desa atau yang muncul karena perkembangan desa antara lain sanggar seni dan belajar serta perpustakaan desa, embung desa dll.

Perpustakaan Desa berbasis inklusi social diantaranya ; Menurunkan kemiskinan informasi dengan transformasi perpustakaan umum menjadi pusat belajar masyarakat desa. Meningkatkan kesadaran masyarakat desa tentang literasi informasi berbasis TIK untuk peningkatan soft skill, dan Meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pemanfaatan perpustakaan desa.

Layanan Perpustakaan Sebagai Hak Masyarakat ; Pasal (5) UU 43/2007 tentang Perpustakaan mengatur hak, kewajiban masyarakat terhadap perpustakaan bahwa; Masyarakat mempunyai hak yang sama untuk memperoleh layanan serta memanfaatkan dan mendayagunakan fasilitas perpustakaan.

Setelah memaparkan materinya dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan berbagai masalah yang dihadapi pihak pengelolah perpustakaan baik di lingkungan Universitas maupun pada komitas baca, berbagai pertanyaan dapat dibahas dan menemukan jawaban hingga mampu menjawab masalah yang dihadapi.

 

Humas Unkhair. Kehumasan.unkhair@gmail.com

Comments

comments