Prof. Dr. Husen Alting, SH, MH Terpilih Sebagai Rektor UNKHAIR Periode 2017- 2021.

unkhair.ac.id Ternate— Bertempat di Aula Nuku Rektorat Unkhair Senin 24 Juli 2017, berlangsung Rapat Senat Tertutup dalam rangka Pemilihan Rektor UNKHAIR.  Dalam rapat senat tertutup ini di hadiri oleh seluruh anggota senat universitas yang berjumlah 28 orang. Pada tahapan ini Meteri mempunyai hak suara sebayak 35 % dan senat 65 %.

Menteri Riset,Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang di wakili oleh, Sekertaris Direktur Jendral Kelembagaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Dr. Ir. Agus Indarjo, M.Phil mengatakan bahwa ada tiga hal yang harus diperhatikan oleh Unkhair untuk menjadi universitas yang unggul, yaitu tetap berjalan di koridor tridharma perguruan tinggi, menghasilkan riset komersial, dan mendukung kepemimpinan rektor terpilih.

Dalam sambutannya, Dr Agus yang mewakili Menteri mengatakan bahwa seluruh perguruan tinggi di dunia ini bersatu satu sama lain. Untuk itu, maka dibutuhkan mutu akademik yang baik.

“Mutu sangat dipengaruhi oleh dosen dan pengelolaan perguruan tinggi,” kata dia.

Saat ini Indonesia memiliki tiga universitas yang termasuk dalam 500 besar dunia atau World Class University, yaitu UI, ITB, dan UGM.

Untuk itu, maka ia mengatakan bahwa Unkhair harus menghasilkan banyak jurnal internasional. “Mahasiswa S2, S3, dan dosen sangat potensial untuk menulis di jurnal internasional,” lanjutnya.

Terkait riset komersial, dia berkata bahwa LP2M harus melakukan pemetaan apa saja riset di Maluku Utara yang dapat berpotensi menjadi komersial dan diproduksi secara massal.

Ia mencontohkan waktu ada kasus flu burung, IPB menghasilkan vaksin yang harganya murah dan bersifat massal. Hal itu menjadikan IPB semakin bagus, dan dosennya juga mendapatkan keuntungan.

Di akhir sambutannya, Dr Agus mengatakan bahwa siapapun rektor terpilih haruslah didukung oleh senat universitas. Dengan demikian maka pengelolaan universitas akan berjalan dengan lancer.

Selesai sambutan menteri dilanjutkan dengan proses pemilihan rektor, dimana hasil pemilihan ini adalah 1. Prof,Dr, Husen Alting, SH, MH memperoleh 40 suara, Dr Abdul Wahab Hasyim, SE, M.Si 1 Suara dan Dr. M. Ridha Ajam ,M.Hum 1 suara sementara suara 1 suara tidak sah. Dengan hasil ini maka senat universitas menetapkan Husen Alting sebagai Rektor Unkhair terpilih periode 2017-2021. .[yankur/amzinc]

Comments

comments