Rektor-UNKHAIR Tanda Tangan Deklarasi Lawan Paham Radikal

  • unkhair.ac.idMakassar, Rektor Prof. Dr. Husen Alting, S.H,M.H dan Wakil Rektor III Ramli Rasyid, ST, MT serta Wakil BEM Universitas Khairun bersama Konsorsium Perguruan Tinggi Negeri Kawasan Timur Indonesia (KPTN-KTI)  menghadiri Penandatanganan Deklarasi Penguatan  Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang dilaksanakan di Auditorium Universitas Hasanuddin, Makassar, Jumat (16/6).

Deklarasi ini dilakukan sebagai bentuk memperkuat fungsi kampus dalam mencegah tumbuhnya bibit-bibit paham radikalisme di institusi pendidikan tinggi.

Aacara Deklarasi ini disaksikan langsung oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir, Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia  Komisaris Jenderal Syafruddin, seluruh pejabat esalon I Sekertaris Jenderal Ainun Naim, Direktur Jendral Intan Ahmad, dimana pembacaan deklarasi dipimpin oleh Rektor Universitas Mulawarman (Unmul) yang juga sabagai Ketua Presidium KPTN-KTI Dr. H. Masjaya, serta diikuti oleh 29 kampus yang tergabung dalam PTN Kawasan Timur Indonesia.

Sementara itu Menristekdikti dalam sambutannya mengatakan bahwa deklarasi ini sebagai bentuk komitmen perguruan tinggi dalam menjaga kesatuan NKRI.

“Deklarasi ini saya anggap penting sebagai bentuk penegasan dan komitmen bersama untuk melawan dan menolak paham dan gerakan yang dapat melemahkan ideologi dan dasar negara,” tegas Menristekdikti di hadapan 500 mahasiswa yang hadir dalam acara tersebut.
Adapun isi deklarasi tersebut yakni,

  1. Kami menyatakan setia dan menjunjung tinggi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.
  2. Bertekad untuk membentuk sumber daya manusia yang berjiwa pancasila, berkomitmen untuk memajukan bangsa yang mandiri, adil dan makmur
  3. Menolak dengan tegas segala bentuk radikalisme, dan paham-paham ekstrim lainnya.
  4. Mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersatu padu memajukan kesejahteraan bangsa, dan menjaga keutuhan negara kesatuan republik Indonesia.

Rektor Universitas Hasanuddin Prof. Dr. Dwia Aries Tina Palubuhu sebagai tuan rumah deklarasi, mengatakan bahwa PTN-KTI ingin menunjukkan semangat dalam satu kesatuan dengan menjunjung tinggi NKRI, dan ingin menggandeng partisipasi aktif dari masyarakat dimana sudah selayaknya semua menyatakan sikap, dengan meningkatkan pembinaan karakter tentang bahaya radikalisme kepada mahasiswa.

“Kami tidak akan pernah luntur dan tidak akan melemah dengan upaya apa saja yang akan mengganggu NKRI,” tegas Dwia…. [amzinc-humas unkhair]

Comments

comments