Sivitas Akademika UNKHAIR Memperingati HARDIKNAS Tahun 2017

unkhair.ac.id, TERNATE—Rektor Unkhair Prof. Dr. Husen Alting, SH, MH bertindak selaku Pembina upacacara pada Upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) tanggal 2 Mei 2017, di lapangan upaca Kampus Gambesi. Ternate

Rektor dalam upacara tersebut, membacakan sambutan seragan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, menyampaikan bahwa HARDIKNAS  yang kita  peringati hari ini tentu bukan  hanya   untuk   mengenang perjuangan dan jasa besar Ki Hadjar Dewantara sebagai Bapak Pendidikan Indonesia, namun peri n gata n  i ni j uga merupakan momentum dan sekaligus refleksi dari berbagai upaya yang telah dan sedang kita lakukan dalam melaksanakan  berbagai  program  untuk memajukan pendidikan, khususnya mutu pendidikan tinggi di Indonesia.

Tema yang telah dipilih dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional di lingkungan perguruan tinggi kali ini adalah “Peningkatan Relevansi Pendidikan Tinggi  untuk  Mendukung Pertumbuhan   Ekonomi“.   Tema   ini dipilih  untuk  menekankan sekarang  ini tibalah saatnya perguruan tinggi dalam melaksanakan Tri Dharma Pendidikan Tinggi  agar  lebih  memperhatikan dampak dari aktivitas nya terhadap pengembangan ekonomi, terutama ekonomi di daerahnya.

Dengan kata lain, perguruan tinggi lebih dapa memerankan dirinya sebagai agent of economic development disamping agent of education dan agent of research and development.

Peningkatan relevansi pendidikan tinggi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dapat dilakukan melalui beberapa cara.

Pertama, dalam bidang pendidikan, perguruan tinggi harus mampu menghasilkan lulusan yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja dan industry.

 

Kedua, dalam bidang penelitian, peningkatan relevansi pendidikan tinggi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dapat dilakukan melalui hilirisasi penelitian di perguruan tinggi. Penelitian yang dilakukan  perguruan  tinggi  tidak  boleh hanya berhenti setelah bisa menghasilkan publikasi, prototype atau paten. Penelitian perguruan tinggi harus dilanjutkan sampai mencapai technology readiness level (TRL) 9 (sembilan) kemudian dikerjasamakan dengan industri agar bias diproduksi dan dipasarkan secara masal.

 

Ketiga, dalam bidang pengabdian kepada msyarakat, peningkatan relevansi pendidikan tinggi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dapat dilakukan melalui kerjasama yang lebih intensif lagi antara perguruan tinggi dengan pemerintah daerah dan industri untuk menyelesaikan problem-problem riil yang dihadapi masyarakat sekitar perguruan tinggi, baik problem terkait produksi, distribusi maupun teknologi

Peningkatan relevansi pendidikan tinggi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi tidak mungkin dilakukan oleh perguruan tinggi itu sendiri, upaya tersebut membutuhkan kerjasama antar institusi pendidikan tinggi, institusi riset, berbagai unit  pemerintahan lainnya,  dunia  kerja dan  industri,  serta  pemangku kepentingan lainnya. Dalam kerangka tersebut, saya mengundang berbagai pihak untuk     dapat berkolaborasi, berpartisipasi  dan berkontribusi  dalam upaya menjadikan perguruan tinggi sebagai institusi yang  inovatif, kompetitif dan secara nyata dapat berkontribusi pada pembangunan ekonomi nasional

 

Selain membacakan sambutan seragan Menteri, Rektor juga menyampaikan berbagai hal yang terkait dengan peningkatan kompotensi dosen diantaranya peningkatan kemampuan desen dalam publikasi ilmiah. Rektor juga menyampaikan bahwa akan diberikan insentif bagi dosen yang tulisan atau karya ilmiahnya yang di publikasikan pada Jurnal Internatsional terindex, jurnal Internasional berepurtasi dan jurnal nasional Terakreditasi.

Dalam upaca Hardiknas kali ini di berikan juga Tanda Kehormatan Satyalencana Karya Satya 30, 20 dan 10 tahun kepada 35 orang tenaga Pendidik dan kependidikan dalam lingkungan Universitas Khairun. Selain itu dilakukan juga penyerahan 1 (satu) unit Bus dari Pemerintah Provinsi Maluku Utara Kepada Unkhair. Selesai upacara acara dilanjutkan dengan Ziara ke makam para pendiri Unkhair dan tokoh pendidikan Maluku Utara antara lain dr. Said Ammari, Drs. H. M. Yusuf Abdurahman,Fahry Ammari, Hamid Hasan, Drs. Halim Abdurahman, Ahmad Kabir, Rainanur A Latif.

Pada akhir sambutan Rektor menyampaikan pesan Menteri mengucapkan selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional kepada semua pimpinan perguruan tinggi, dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa, serta komunitas pendidikan tinggi di seluruh tanah air. Semoga upaya kita dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di tanah air…… [amzinc]

Comments

comments