Kegiatan KUBERMAS Unkhair

Kegiatan Kuliah Berkarya dan Bermasyarakat (KUBERMAS) Unkhair Tahap I Tahun 2015/2016 telah berlangsung dari tanggal 1 Juli sampai tanggal 31 Agustus berlangsung .  Disetiap lokasi penempatan KUBERMAS Para Mahasiswa telah melaksanakan berbagai program Pokok dan Program Bantu yang telah direncanakan baik oleh Pusat Pengabdian Masyarakat (P2KM) LPPM Unkhair maupun dengan masyarakat setempat.

Kegiatan monitoring dilaksanakan oleh pimpinan Universitas dan Pengelola KUBERMAs pada minggu ke 2 dan 3  Bulan Agustus disemua lokasi. Beberapa Program pokok dan bantu yang telah dilaksanakan antara lain Kegiatan Penataan lingkungan dan pertamanan, Desa siaga bencana dan Posdaya serta Program BKKBN dan kegiatan menyambut HUT RI yang Ke 70 Tahun. Beberapa lokasi yang dapat kami update kegiatannya seperti di Desa Maitara Induk mahasiswa Unkhair dan Univ.Sebelas Maret (UNS) Surakarta bersama masyarakat membuat makanan olahan KROMO (Kroket Amo), dan  membangun Tempat Pembuangan Sampah (TPA), sebagai jawaban atas permasalahan pengelolaan sampah dipulau-pulau kecil. Peletakan Batu Pertama Pembangunan TPA dilakukan oleh Rektor Unkhair, Prof. Dr. Husen Alting, SH.,MH pada saat Monev. Sedangkan di Desa Maitara Utara Kegiatan Mahasiswa Bersama Masyarakat telah membentuk Posdaya NORWEGIAN berbasis Wisata Bahari yang bertujuan untuk menguatkan kelembagaan pengelolaan Wisata Uang Seribu yang telah digagas Pemda Tikep sebelumnya. Peresmian Posdaya dilakukan oleh Wakil Rektor I, Dr. Ridha Ajdam dan disakisikan oleh Sekda Kota Tikep. Di Pulau Hiri, mahasiswa bersama masyarakat melaksanakan berbagai kegiatan bantu yakni perlombaan cerdas cermat tingkat SD dan SMP dalam rangka menyambut UT RI – 17 Agustus 2015. Di P. Moti, Mahasiswa dan masyarakat di Kelurahan Tadenas membangun MCK sebanyak 2 Unit . Di Kota Ternate, Mahasiswa KUBERMAS juga bersama warga di beberapa kelurahan di Kota Ternate seperti Sosialisasi pentingnya KB di Kelurahan Tobenga, Pembuatan Slogan BKKBN di Kelurahan Soa-Sio dan membantu pembuatan administrasi dan keuangan kelurahan di Akehuda. Serta berbagai program dan kegiatan di lokasi lain yang juga telah dilaksanakan. Di Kampus I, II dan III mahasiswa bersama pihak Fakultas dan Unit lainnya melaksanakan penataan lingkungan dan adimistrasi dilingkungan masing-masing sehingga lingkungan Kampus Unkhair mulai terlihat asri.

Program KUBERMAS tahap I tahun 2015/2016 akan ditarik/meninggalkan lokasi pada tanggal 31 Agustus sampai 4 September 2015.

Kami ucapkan terima kasih pada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan program KUBERMAS kali ini.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *